Peringati Hari Diabetes Sedunia, Mahasiswa KKN 115 Cek Gula Darah Masyarakat Gampong Lancang

SHARE:  

Humas Unimal
Peringati Hari Diabetes Sedunia, Mahasiswa KKN Kelompok 115 Universitas Malikussaleh Cek Gula Darah Masyarakat Gampong Lancang

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Hari Diabetes Sedunia diperingati pada tanggal 14 November setiap tahunnya. Oleh karena itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM Kelompok 115 Universitas Malikussaleh adakan kegiatan kesehatan berupa pemeriksaan gula darah di Meunasah Gampong Lancang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Rabu (16/11/2022).

Fitri sebagai penanggung jawab dalam kegiatan ini mengatakan ini bisa menjadi cara untuk mendeteksi penyakit diabetes.

" Biasanya risiko tertinggi penyebab diabetes adanya faktor dari riwayat keluarga, " Katanya.

Tak hanya tentang riwayat diabetes, Fitri juga menjelaskan dengan rinci risiko jika mengalami diabetes.

"Risiko seseorang terkena diabetes tipe 1 bisa meningkat jika dia mengalami penyakit pankreas dan beberapa infeksi. Sementara untuk tipe 2, ada juga faktor gaya hidup yang kemudian menyebabkan obesitas, malas berolahraga (kurang dari tiga kali sepekan) dan resistensi insulin, " tambahnya.

lanjut, Fitri, tidak hanya pengecekan gula darah, kelompok ini juga melakukan cek kolesterol sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat. Berdasarkan hasil Glukometer, tidak ada masyarakat Lancang yang mengidap diabetes.

“Adapun tujuan dari pengecekan gula darah dan kolesterol adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar