Melalui Kegiatan KKN, Mahasiswa Unimal Bangun Karakter Anak Dalam Program Belajar Mengaji

SHARE:  

Humas Unimal
Melalui Kegiatan KKN, Mahasiswa Unimal Bangun Karakter Anak Dalam Program Belajar Mengaji

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang mengambil kuliah kerja nyata pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM), kelompok 33 melaksanakan kegiatan program belajar mengaji bersama anak-anak di balai pengajian Gampong Mulieng Meucat Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara.  

Program belajar mengaji bersama anak-anak merupakan salah satu program kerja yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN kelompok 33 bersama masyarakat setempat dengan tujuan untuk mendidik anak-anak tentang agama islam sehingga diharapkan dapat membangun dan tercipta anak-anak berkarakter islami.   

Ketua KKN- PPM kelompok 33, Edwin Syafriza dalam rilisnya, Rabu (16/11/2022) menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh anak-anak umur 4-12 tahun dan berlangsung pada hari Senin, Rabu dan Jumat dimulai pukul 14.00 – 16.00 wib.

“Program ini direncanakan berlangsung selama 1 bulan penuh. Sistem pembelajaran dibagi menjadi 2 kategori yaitu anak-anak umur 4-8 tahun diajari membaca Iqra’ dan yang berumur 9-12 tahun diajarkan membaca Al-qur’an dan hafalan surat pendek. Disamping itu, anak-anak juga diajarkan tentang shalawat dan kisah para nabi, dengan harapan anak-anak ini akan tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang taat beragama.,” katanya.

Dosen pembimbing lapangan (DPL), Muhammad Yusuf N MP mendukung sepenuhnya program ini, karena memiliki nilai yang sangat positif sebagai upaya membangun karakter anak yang islami, mencerdaskan anak bangsa dengan memberi pengetahuan dan wawasan keagamaan, berakhlak mulia, beretika dan bermanfaat dalam segala aspek berbangsa dan bernegara. “saya berharap dengan adanya kegiatan ini, anak-anak dapat memahami tentang pentingnya beragama dan dapat menerapkan konsep keagamaan dalam berkehidupan”. Ujarnya.

Muhammad, selaku Geuchik Mulieng Meucat juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN-PPM kelompok 33 dari Universitas Malikussaleh.

“Saya sangat berterima kasih dan sangat bahagia atas kedatangan mahasiswa KKN-PPM ini. Keberadaan mahasiswa ini menjadi warna baru dan motivasi bagi kami sebagai orang tua di Gampong ini, dan mudah-mudahan program ini dapat terus berlanjut, walaupun mahasiswa telah selesai mengabdi di tempat kami,” pungkasnya. [tmi]


Kirim Komentar