Jaga Kebersihan Lingkungan, KKN Kelompok 33 Sediakan Tempat Sampah

SHARE:  

Humas Unimal
Jaga Kebersihan Lingkungan, KKN Kelompok 33 Sediakan Tempat Sampah

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) kelompok 33 Universitas Malikussaleh yang dipimpin oleh ketua kelompok Edwin Syafriza dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Muhammad Yusuf MP melakukan pembuatan tempat sampah organik dan anorganik, Rabu (16/11/2022).

Tim ini terdiri dari 16 0rang anggota yaitu, Adis Aulia Rahmah, Fakhir Zikri Ritonga, Suci Humaira Dini, Ayu Lestari, Vina Mutia, Ali Imran Nst, Geloria Saravina Berutu, Natasya Venanda, Sherina Aditya, Jainuddin Harahap, Rani Adinda Melani Hasibuan, Nurul Ramadhani, Riedho Riandha, Aditya Irawan dan Jeni Rahayu.

Ketua kelompok Edwin Syafriza mengatakan, sampah merupakan material sisa yang menjadi salah satu faktor penentu dalam kebersihan lingkungan. Di gampong mulieng meucat  sendiri ketersediaan tempat sampah masih sangat kurang. Kurangnya penyediaan tempat sampah pada daerah ini melatar belakangi akan pelaksanaan program kerja kelima kelompok 33 KKN-PPM Unimal, yaitu penyediaan tempat sampah. Program ini diharapkan dapat membantu menjaga kebersihan lingkungan setempat dan menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kegiatan ini dilakukan pada minggu kedua KKN berlangsung, tempat sampah yang disediakan terbuat dari ember bekas cat besar yang didaur ulang menjadi tempat sampah organik dan anorganik. Sebanyak dua buah ember bekas kemudian dicat dengan warna kuning dan hijau sebagai pembeda, yaitu warna hijau untuk sampah organik dan warna kuning untuk tempat sampah anorganik.Untuk tatakan tempat sampah dibuat dari kayu bekas yang sudah tidak terpakai. Tempat sampah yang sudah jadi pun kemudian ditempatkan pada area meunasah desa mulieng meucat,dikarenakan tempat ini adalah tempat yang umum dikunjungi masyarakat,” katanya,

Ia menambahkan, tersedianya tempat sampah ini diharapkan dapat menghimbau masyarakat setempat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan serta dapat berguna untuk membantu masyarakat dalam pengelolaan sampah baik organik maupun anorganik.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar