Mahasiswa KKN 104 Buat Es Krim bersama Anak-Anak Gampong Pusong

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 104 Buat Es Krim bersama Anak-Anak Gampong Pusong

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah kerja nyata (KKN) PPM kelompok 104 Universitas Malikussaleh membuat Es Krim bersama anak- anak di Gampong Pusong, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Rabu, (16/11/2022).

Pembuatan es krim ini merupakan reaksi kimia tentang penurunan suhu antara es dengan garam. Hal ini terjadi karena es menyerap panas dari larutan garam sehingga suhu lebih dingin dari 0°C. Sehingga adonan Es krim membeku.

Nabila Hamnasia salah satu anggota kelompok KKN 104 dari jurusan teknik Kimia menjelaskan bahwa bahan dari pembuatan es krim ini adalah garam, es batu, susu cair dan peralatannya yaitu baskom dan kaleng susu. Dengan metode yang dilakukan yaitu memutar kaleng berisi susu cair dalam wadah (baskom) berisikan es batu yang sudah dihancurkan. Susu membeku menjadi es dalam waktu kurang lebih 30 menit.

"Pembuatan es krim ini sangat mudah untuk dilakukan. Bahan dan peralatannya juga mudah didapatkan. Sehingga bisa dilakukan dirumah jika berminat, apalagi anak-anak pasti suka es krim," katanya.

Selanjutnya, Raihan Bhakti (Teknik Elektro) selaku ketua kelompok mengharapkan dengan kegiatan seperti ini menambah keakraban antara mahasiswa KKN dengan anak-anak Gampong Pusong sehingga anak-anak senang dan juga mendapatkan pembelajaran yang bermanfaat dari kegiatan pembuatan es krim ini.

Selain itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 104, Dr. Ikramuddin mengharapkan kegiatan mahasiswa KKN 104 bermanfaat dan memberikan edukasi pada anak- anak di Gampong Pusong, Kecamatan Samudera.

Kelompok 104 KKN PPM Universitas Malikussaleh berjumlah 15 orang berasal dari beberapa Prodi yang diketuai oleh Raihan Bhakti Nafareva Isra (Teknik Elektro) dengan anggota Sri Wahyuni (Akuntansi), Cut Putri Beytiful (Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan), Saumi Rahmayanti (Manajamen), Mhd. Naja Fernanda (Administrasi Bisnis), Putri Raisah (Administrasi Publik), Cut Alda Maqfira (Ilmu Komunikasi), Nadimah Nurul Aulina (Sosiologi), Tengku Mutiara Saidina (Kedokteran), Siti Radha Zatiya Lubis (Psikologi), Nailul Mona (Agroteknologi), Ilham Ramadhan (Teknik Arsitektur), Al-Alsral (Teknik Industri), Nabila Hamnasia (Teknik Kimia), Riski Akbar (Teknik Sipil). [tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar