Mahasiswa KKN 52 Mengajar Anak-Anak Mengaji di Balai Pengajian

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 52 Mengajar Anak-Anak Mengaji di Balai Pengajian

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 52 Universitas Malikussaleh mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak di balai pengajian Gampong Keude Simpang Empat Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara, Rabu(16/11/2022)

Ketua kelompok 52 Saiful Bahri mengatakan, dalam merealisasikan kegiatan keagamaan ini, Kelompok 52 KKN, melakukan survei sekaligus meminta izin kepada Tengku Saifullah selaku penyelenggara program pengajian bagi anak-anak di gampong agar diizinkan terlibat dan membantu proses pengajian anak-anak di balai pengajian setempat.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah sholat Maghrib sampai dengan pukul 10.00 WIB di balai pengajian yang bertempat di kediaman Tengku Saifullah. Anak-anak dari berbagai penjuru desa berdatangan sebelum shalat maghrib serta menjalankan shalat maghrib berjamaah di balai pengajian. Kegiatan dilanjutkan dengan dzikir singkat serta doa yang dipimpin oleh sang imam, Tgk Saifullah. Setelah kegiatan ibadah, anak-anak masuk dalam kelompok masing-masing dan belajar sesuai tingkatan yang sedang mereka pelajari.

Saiful Basri, yang merupakan salah satu pengajar bagi anak-anak di balai pengajian  mengatakan bahwa sebelumnya telah ada guru mengaji namun jumlahnya masih sedikit. “Kami melihat tingginya antusias anak-anak yang mengikuti pengajian. Jumlah mereka cukup banyak sedangkan jumlah guru masih kurang. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk membantu mengajari anak-anak di balai pengajian”

Selain mengajar ngaji, mahasiswa juga membantu muraja’ah  (mengulang kembali hafalan) surah pendek. Anak-anak antusias menunjukkan kemampuan mereka dalam menghafal surat-surat pendek dengan makhraj yang baik. “Kami senang ada abang-abang dan kakak-kakak KKN disini, jadinya ada yang kawani kami belajar dan muraja’ah”ucap Asraf, salah satu murid di balai.

Tgk Saifullah berharap berharap agar mahasiswa KKN dapat hadir secara rutin dan mendampingi anak-anak belajar. Ia menambahkan “Kalau bisa, adik-adik KKN ini bisa hadir setiap hari dan membantu di balai supaya anak-anak disini bisa didampingi terus baik dalam mengaji maupun tahfidz surat-surat pendek”.[tmi]


Kirim Komentar