Dosen Unimal Latih Manajemen Usaha di Gampong Meuria Paloh

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen FEB Universitas Malikussaleh melatih kaum perempuan pelaku usaha UMKM di Gampong Meuria Paloh, Kecamatan Muara Satu Lhokseumawe pada Selasa (15/11/2022). Foto:Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Beberapa dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Malikussaleh menggelar pelatihan manajemen usaha dan keuangan bagi pelaku usaha perempuan. Kegiatan ini diselenggarakan di Gampong Meuria Paloh, Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe pada Selasa (15/11/2022) yang berlangsung di meunasah gampong setempat.

Adapun dosen FEB selaku tim pengabdian yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah  Fuadi MSM CPDM, Falahuddin MSM, Reza Juanda  MEc Dev, Rani Puspita Ninggrum, MSEI, Khairawati MSi dan Munardi MEc. Selain itu, kegiatan ini juga dibantu oleh beberapa mahasiswa dan alumni. Dalam kegiatan tersebut turut hadir perangkat gampong serta pemateri dari Yayasan Ukhwah Masyarakat Cendikia (YUMC) dan dosen IAIN Lhokseumawe, serta Perwakilan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Lhokseumawe.

Fuadi selaku ketua tim pengabdian menyatakan bahwa kegiatan ini ditujukan kepada warga perempuan yang terlibat sebagai pelaku usaha di desa tersebut. “Kami berharap ke depannya untuk pelaku usaha terutama kaum perempuan di desa tersebut dapat berkembang dan menjalankan usaha mereka secara professional,”terangnya.

Pada kesempatan ini, pemateri dari YUMC, Iqbal Kurniawan SE CPDM memberikan motivasi bisnis dan metode penjualan online kepada peserta yang hadir. Sedangkan pemateri dari IAIN lhokseumawe, Ramadhan Razali MA memberikan materi perihal etika bisnis Islam yang dianggap penting dalam menjalankan usaha.

Selain Iqbal dan Ramadhan, pemateri lainnya adalah Falahuddin MSM, dosen dari FEB Universitas Malikussaleh yang memaparkan  pembukuan akuntansi sederhana bagi UMKM. Pada kegiatan ini, pihak BI Lhokseumawe menyosialisasikan  uang Rupiah baru kepada peserta.

Heri Safriadi SPd, keuchik Meuria Paloh menyambut baik kegiatan yang digagas oleh dosen Universitas Malikussaleh ini. “Dengan adanya kegiatan ini,  kami harapkan sektor UMKM di desa kami bisa berkembang dan semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan lagi ke depannya  sehingga dapat menambah ilmu dan wawasan masyarakat kami mengenai UMKM,”pungkas Heri. [kur]


Kirim Komentar