Mahasiswa KKN 23 Sosialisasi PHBS ke Siswa SD Negeri 1 Kuta Makmur

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 23 Sosialisasi PHBS ke Siswa Sdn 1 Kuta Makmur

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 23 Universitas Malikussaleh melakukan program Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN 1 Kuta Makmur pada Jumat pagi (11/11/2022) pukul 08:30 WIB sampai dengan selesai. 

Kegiatan tersebut disambut hangat oleh siswa-siswi SDN 1 Kuta Makmur ikut serta dalam pembelajaran membiasakan hidup bersih dan sehat guna menciptakan generasi yang sadar tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Sosialisasi PHBS yang merupakan salah satu  program kerja KKN kelompok 23 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa-siswi khususnya dalam aspek pendidikan sekolah dasar, karena pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai sejak usia dini.

Nurhafiza Batu Bara selaku mahasiswa KKN kelompok 23 mengungkapkan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat dalam lingkungan sekolah penting untuk ditingkatkan. 

“Perlunya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk dibiasakan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat,” ujarnya. 

Adapun Muhammad Faih salah satu siswa kelas 5 SDN 1 Kuta Makmur mengatakan sangat senang bisa belajar banyak tentang perilaku hidup sehat dengan mahasiswa KKN Kelompok 23 . 

“Saya sangat senang dengan datangnya kakak dan abang mahasiswa disini dalam memberikan ilmu baru tentang pola hidup sehat yang baik seperti cuci tangan yang benar,” kata Faih.

Munculnya sebagian penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah, ternyata umumnya berkaitan dengan PHBS. Pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat menjadi kunci keberhasilan pembelajaran tatap muka. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai PHBS di sekolah merupakan sasaran yang tepat dan perlu dilakukan sosialisasi lebih lanjut di sekolah-sekolah lainnya.[tmi]


Kirim Komentar