Inovasi Pangan, Mahasiswa KKN-PPM 45 Memanfaatkan Potensi Lokal Rambutan

SHARE:  

Humas Unimal
Inovasi Pangan, Mahasiswa KKN-PPM 45 Memanfaatkan Potensi Lokal Rambutan. Jum’at, (18/04/2022). Foto; ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler kelompok 45 Universitas Malikussaleh membuat kegiatan inovasi pangan dari potensi lokal rambutan menjadi sebuah produk "Asinan Rambutan" di Gampong Ie Tarek II Kecamatan Simpang Keramat, Kabupaten Aceh Utara. Jum’at, (18/04/2022).

Salah satu mahasiswa KKN 45 Sopi Muliana mengatakan, Saat ini masyarakat dihadapkan dengan musim buah rambutan. Dengan banyaknya hasil panen buah rambutan di gampong Ie Tarek II. Hal ini menjadikan ide bagi peserta KKN untuk berkolaborasi dengan ibu-ibu untuk menciptakan inovasi baru terhadap olahan dari buah rambutan dengan membuat pelatihan asinan rambutan.

‘’Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi baru bagi ibu-ibu untuk membuat produk olahan inovasi pangan sebagai peluang usaha dibidang kuliner, mengingat gampong Ie Tarek II merupakan salah satu gampong penghasil rambutan, realitasnya ketika masa panen banyak rambutan yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal itu bisa diolah untuk asinan rambutan’’ ujarnya.

Lebih lanjut Sopi menjelaskan, Dalam kegiatan ini ibu-ibu sangat antusias dan semangat untuk mengikutinya. ‘’Selain itu mereka juga bisa melakukannya di rumah masing-masing. Kami juga mengajarkan olahan buah rambutan menjadi asinan bisa digantikan dengan buah lain antara lain: salak, kedondong, nanas dan lain-lain.  Bahan yang digunakan juga gampang ditemui antara lain: gula, garam, jeruk nipis, cabe, air panas atau air dingin. Pembuatan asinan juga sangat gampang dilakukan di rumah sendiri dan bisa juga dijual sebagai lahan bisnis baru bagi ibuk-ibuk’’ pungkasnya.

Kelompok KKN-PPM Unimal 45 dengan DPL Rizki Yunanda M.Si dan diketuai oleh T. Aulia Putra, serta anggota lainnya yaitu, Apriansyah, Tasya Arsanti, Rizki Putri, Malik pajar lubis, Sutan Novrial Simbolon ,Muhammad Maidin, Afiqah Divaulhaq, Iga Dara Fonna, Junika Adetiara, Afrilia Annisa, Sopi Muliana, Irma Afrilia, Miftahul Jannah, Aida, Muhajir. [rky]


Berita Lainnya

Kirim Komentar