Kelompok KKN 64 Adakan Pelatihan UMKM Pembuatan Ayam Penyet di Gampong Baroh Blang Rimueng

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok KKN 64 Adakan Pelatihan UMKM Pembuatan Ayam Penyet di Gampong Baroh Blang Rimueng

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM Universitas Malikussaleh Kelompok 64 mengadakan sosialisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan pelatihan pembuatan ayam penyet untuk ibu-ibu Gampong Baroh Blang Rimueng, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Rabu (16/11/2022).

Musdiana selaku Sekretaris kelompok KKN 64 ini mengatakan, dalam kegiatan ini ibu-ibu PKK Gampong Baroh Blang Rimueng tidak hanya diajarkan  tentang  sosialisasi UMKM kuliner tapi  juga terjun langsung untuk pelatihan  pembuatan ayam penyet. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Muhammad Nurdin selaku Geuchik di Gampong Baroh Blang Rimueng serta apresiasi dari masyarakat setempat.

“Kami bagikan alat dan bahan, serta resep untuk proses memasak. Ibu-ibu PKK yang ada di Gampong Baroh Blang Rimueng tampak sangat bersemangat dan sangat senang saat kami membagikan resep yang bisa mereka bawa pulang. Resep yang dipraktikkan dalam pelatihan ini ada dua macam, yaitu bumbu ungkep  dan bumbu sambal,” katanya.

Musdiana menyebutkan, tujuan kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat dan mendukung keterampilan baru bagi ibu-ibu yang ada di desa ini agar lebih produktif khususnya di bidang kuliner.

“UMKM yang kami praktikkan  Yaitu cara membuat ayam penyet. Semoga dengan adanya pelatihan seperti ini bisa memberikan motivasi bagi ibu-ibu serta peluang untuk membuka usaha baru yang dapat dikembangkan di kemudian hari, dan juga sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat di desa ini,” ungkapnya.

Rohil Anshori selaku ketua kelompok 64 menyampaikan, sosialisasi ini memperhatikan dengan seksama apa yang disosialisasikan oleh mahasiswa. Masyarakat  gampong tentu memperhatikan bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan ayam penyet.

“Harapan kami kedepannya semoga ibu-ibu warga desa ini bisa membuat ayam penyet sendiri,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar