Dosen Teknik Unimal Berikan Pelatihan Keterampilan Pekerja Bangunan

SHARE:  

Humas Unimal
Tim dosen Fakultas Teknik berfoto bersama dengan kernet bangunan yang diberikan pelatihan. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Tiga orang dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh memberikan peltihan dan pendampingan pemasangan batu bata, plesteran, dan acian kepada para pekerja bangunan di Desa Uteunkot Kota Lhokseumawe pada Sabtu (19/11/2022). Para pekerja bangunan yang diberikan pelatihan adalah mereka yang masih berprofesi sebagai kernet (pembantu) tukang bangunan.

Para dosen tersebut adalah Mukhlis MT, Fauzan MT, dan Syibral Malasyi MT. Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Keuchik Gampong Uteunkot M Yusuf MM serta beberapa orang perangkat dan aparatur gampong lainnya.

Pelatihan itu menghadirkan praktisi dari CV Kapai Karya Solusi yakni Muttaqien ST.  Dalam paparannya Muttaqien menjelaskan tentang memasang batu bata yang benar dan melakukan plester yang baik.  Plester dinding merupakan tahap finishing yang bertujuan melapisi dinding rumah dengan sejumlah material agar terlihat lebih rapi. “Biasanya ini dilakukan pada bangunan atau konstruksi yang material dindingnya terbuat dari bata atau kayu,” jelasnya.

Mukhlis selaku Ketua Tim Pelaksana mengatakan bahwa tujuan diberikan pelatihan ini adalah agar adanya peningkatan keterampilan para kernet bangunan yang dilatih. “Kita harap setelah pelatihan ini mereka dapat meningkatkan keahliannya dalam pekerjaan pemasangan batu bata, plester, dan acian sehingga akan dapat meningkatkan taraf perekonomian keluarga menjadi lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu M Yusuf sebagai Keuchik Gampong Uteunkot menyambut baik pelatihan yang diberikan oleh tim dosen Universitas Malikussaleh kepada para warganya yang berprofesi sebagai kernet bangunan itu. Banyak hal yang didapatkan oleh warganya itu dengan adanya pelatihan tersebut. “Kita harapkan dengan adanya peningkatan keterampilan ini, mereka tidak hanya menjadi kernet bangunan saja, namun bisa juga menjadi kepala tukang yang memimpin pekerjaan konstruksi bangunan nanti,” pungkasnya.[ryn] 


Kirim Komentar