Mahasiswa KKN 04 Adakan Pelatihan Pemanfaatan Batang Pisang Menjadi Keripik Renyah Penghasil Cuan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 04 Adakan Pelatihan Pemanfaatan Batang Pisang Menjadi Keripik Renyah Penghasil Cuan

 

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 04 dari Universitas Malikussaleh mengadakan pelatihan pembuatan keripik batang pisang bersama ibu-ibu di Gampong Cot Rheue Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Rabu (24/11/2022).

Ketua kelompok 04, Fathur mengatakan, pada kesempatan ini, mahasiswa KKN PPM kelompok 04 unimal menyelenggarakan pelatihan pembuatan keripik batang pisang dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas dan berwirausaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

“Kami membuat inovasi produk yang Bernama keripik gedebog pisang. Keripik ini memiliki empat varian rasa yaitu original, pedas manis, jagung manis dan balado,” katanya.

Menurut Fathur, keripik gedebog pisang ini sebagai bentuk produk yang berasal dari batang pisang yang diambil bagian tengah yang berbentuk kotak-kotak dan diiris tipis lalu direndam dengan menggunakan air garam selama 3 jam kemudian dimarinasi selama 30 menit, setelah itu dicelup tepung basah dan tepung kering setelahnya, lalu digoreng hingga golden born. Keripik ini bisa tahan lama sampai 4 bulan.

“Keripik gedebog pisang ini mempunyai beberapa manfaat yaitu menyembuhkan anemia, mengatur tekanan darah, mencegah batu ginjal, menurunkan berat badan, mengontrol kolesterol, menyembuhkan asam lambung, dan detoksifikasi sistem pencernaan,” ungkapnya.

Fathur  berharap, inovasi ini dapat menambah penghasilan masyarakat sekitar dilihat dari keadaan sekeliling desa juga banyak pohon pisang, dengan adanya inovasi ini dapat memanfaatkan batang pisang agar lebih memiliki nilai jual di pasar UMKM.[tmi]


Kirim Komentar