Mahasiswa KKN 116 Sosialisasi Proses Pembuatan Sabun Cuci Piring di Gampong Matang Ulim

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 116 Sosialisasi Proses Pembuatan Sabun Cuci Piring di Gampong Matang Ulim

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa kuliah kerja nyata penelitian dan pengabdian masyarakat (KKN-PPM) yang tergabung dalam kelompok 116 Universitas Malikussaleh mengadakan sosialisasi proses pembuatan sabun cuci piring di Gampong Matang Ulim, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Selasa (22/11/2022).

Nadiratun Nabiwa merupakan salah satu anggota kelompok 116 Program Studi Teknik Kimia mengatakan bahwa dalam proses pembuatan sabun cuci piring ini menggunakan bahan dasar kimia. Program ini juga merupakan hasil usulan anggota kelompok pada rapat penyusunan program kerja.

“Dalam hal ini bahan dasar kimia yang digunakan dalam proses pembuatan sabun cuci piring adalah Texapon, XLS, NaCl, Pewangi dan Pewarna. Semua bahan itu dicampurkan satu persatu dalam satu wadah dan diaduk agar semuanya Homogen (tercampur rata). Harga bahan yang digunakan juga sangat terjangkau sehingga mampu dipraktikkan kembali jika ingin memproduksi sabun cuci piring untuk menambah mata pencaharian,” ungkapnya.

Disamping itu, Geuchik Matang Ulim, Saifuddin menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu di gampong matang ulim sehingga dapat membantu warga agar lebih memahami cara pembuatan sabun cuci piring.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, dimana ini juga sebuah inovasi dalam membuka usaha kecil-kecilan dirumah untuk ibu-ibu yang tidak memiliki kegiatan. Hasil produksi sabun cuci piring ini juga mampu menambah perekonomian bagi warga setempat” ungkapnya.

Sementara, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Likdanawati MSi mendukung program kerja ini dan berharap kelompok 116 dapat terus mengabdi dan berinovasi memberikan ide dan gagasannya dalam membangun Gampong Matang Ulim.[tmi]


Kirim Komentar