Dosen Unimal Adakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online Dan Perakitan Komputer di MTsS Jabal Nur

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Adakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online Dan Perakitan Komputer di MTsS Jabal Nur

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Dosen Universitas Malikussaleh melakukan pengabdian dengan mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran online dan perakitan komputer di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Jabal Nur, Aceh Utara, Minggu (27/11/2022).

Ketua tim pengabdian Bustami MSi mengatakan, pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan dari Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh Dosen pada tiap semesternya.

Ia menambahkan Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat kali ini bekerja sama dengan MTsS Jabal Nur yang beralamatkan di Jl. Mesjid BTN Arun Paloh Lada, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.

Kepala Madrasah MTsS Jabal Nur, Iskandar SPd., memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada tim pengabdian Universitas Malikussaleh yang mau menyelenggarakan pelatihan pembuatan media pembelajaran online dan perakitan komputer di MTsS Jabal Nur.

"Pelatihan seperti ini sangat bagus untuk dilakukan agar dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran online,” katanya.

Zara Yunizar yang merupakan anggota pengabdian menyampaikan Kegiatan yang berbentuk pengabdian ini mengangkat tema “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online dan Perakitan Komputer Pada MTsS Jabal Nur” dan dilaksanakan secara langsung kepada guru di MTsS Jabal Nur.

Pada pelatihan pembuatan media  pembelajaran online platform yang digunakan yaitu google classroom yang menjelaskan kepada para guru tentang cara membuat kelas baru, mengundang mahasiswa untuk masuk kedalam kelas, menambahkan materi pembelajaran, menambahkan tugas ataupun kuis, cara membuat penilaian dari tugas dan kuis dan lain sebagainya yang dirasa bisa dimanfaatkan oleh  Guru pada MTsS Jabal Nur.

"Aplikasi Google Classroom ini merupakan salah satu media pembelajaran online yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan proses membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Tujuan utama Google Classroom adalah untuk mempermudah proses berbagi file antara guru dan siswa." ungkap Zara.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua tim pengabdian, Bustami MSi MKom, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, anggota Tim Pengabdian antara lain Dr Muhammad MSc, Zara Yunizar MKom, Lidya Rosnita MKom., Rini Meiyanti MKom., Yesy Afrillia MKom, dari Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh serta didukung oleh beberapa mahasiswa Teknik Informatika  Universitas Malikussaleh yaitu Alfandy Pramana Suni, Aulia Rizki, Ilham Taruna Harahap, Muhammad Riansyah, Risfan Yani, Rusnani, dan Teuku Muhammad Hafidh Rafif.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar