Dosen Teknik Unimal Latih Masyarakat Manfaatkan Kelapa Rumahan Menejadi Minyak Goreng dan VCO

SHARE:  

Humas Unimal
Pelatihan pemanfaatan kelapa rumahan di Gampong di Desa Meuria Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara, Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon  - Sebanyak 50 orang  ibu PKK Gampong Meuria Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten, Aceh Utara mengikuti pelatihan pemanfaatan VCO, beberapa waktu lalu. 

Pelatihan itu dilakukan oleh sejumlah dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh yaitu Syamsul Bahri, Khairul Anshar, Fatimah dari Prodi Teknik Industri, Suryadi dari Prodi Teknik Mesin serta Zainuddin Ginting dari Prodi Teknik Kimia.

Syamsul Bahri kepada Unimalnews, Kamis (1/12/2022) mengatakan, masyarakat di Gampong Meuria Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara secara umum bermata pencaharian sebagai petani. Produksi kelapa cukup melimpah, hampir setiap rumah tangga memiliki pohon kelapa, umumnya hanya dimanfaatkan untuk santan memasak dan dijual langsung ke pasar. 

“Padahal buah kelapa dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk,” katanya.

Samsul Bahri menyampaikan, pelatihan ini merupakan pengolahan kelapa menjadi Minyak Goreng Kelapa dan Virgin Coconut Oil (VCO) yang menitikberatkan pada metode mengambil minyak tanpa merusak santannya sehingga masyarakat dapat memberikan harga minyak yang lebih bagus kepada konsumen. 

“Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pemanfaatan buah kelapa sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng dan minyak kelapa murni VCO dan membantu meningkatkan pendapatan masyarakat dari inovasi diversifikasi produk olahan kelapa menjadi minyak goreng dan minyak kelapa murni (VCO)," pungkas Syamsul.[tmi]


Kirim Komentar