Dosen Unimal Menjadi Narasumber Pengawasan Partisipatif di Langsa

SHARE:  

Humas Unimal
Bobby Rahman menjadi narasumber bersama akademisi IAIN Langsa, Prof Dr Ismail Fahmi Arrauf Nasution. Foto : Teuku Kemal Fasya

UNIMALNEWS | Langsa – Dosen Fisipol Universitas Malikussaleh, Bobby Rahman, MSi menjadi narasumber pada kegiatan Panwaslih Kota Langsa dengan tema “Sosialisasi Pengawalan Pemilu Partisipatif”, , Jumat (2 November 2022). Pada kegiatan tersebut, salah seorang narasumber lainnya adalah akademisi IAIN Langsa, Prof Dr Ismail Fahmi Arrauf Nasution.

Menurut ketua komisioner Panwaslih Kota Langsa, M Khoiri, kegiatan sosialisasi pengawasan kepemiluan ini dilaksanakan untuk memberi kesadaran kepada elemen masyarakat untuk bisa menyambut Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 secara lebih baik.  “Seperti diketahui bahwa tingkat partisipasi masyarakat atas pelaksanaan Pemilu 2019 lebih baik dibandingkan 2014. Kita harapkan pada Pemilu 2024, tingkat partisipasi dan kesadaran Pemilu yang damai semakin meningkat lagi,” ungkap Khoiri.

Pada penyampaiannya, Bobby menyebutkan bahwa tahapan Pemilu yang sudah berlangsung selama ini perlu diawasi, agar tidak ada praktik pelanggaran yang dilakukan, baik oleh peserta pemilu atau penyelenggara hingga ke level paling bawah. “Saat ini Panwascam telah terbentuk, dan tahapan dan tanggung jawab sudah dilaksanakan. Namun tidak mungkin pengawas melakukan pengawasan semua, maka diperlukan partisipasi masyarakat,” ujar Bobby.

Menurut, anggota Komisioner Panwaslih, Iswandar, kegiatan ini dilaksanakan dengan pelibatan stakeholder yang beragam, terutama dari unsur komunitas agama. “Kita mengundang juga wakil dari komunitas Tionghoa, pendeta, wakil FKUB, komunitas disabilitas, dan organisasi kemahasiswaan. “Kegiatan ini kita lakukan agar Langsa sebagai bunga keberagaman yang ada di Aceh bisa tetap lestari dan Pemilu tidak mengoyak-koyak masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama antara peserta sosialisasi, narasumber, dan pihak Panwaslih Kota Langsa. [tkf]


Kirim Komentar