Mahasiswa Psikologi Unimal Adakan Psikoedukasi Penanggulangan Bencana Banjir di Sekolah

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Psikologi Unimal Adakan Psikoedukasi Penanggulangan Bencana Banjir di Sekolah. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa semester 5 dari Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Psikoedukasi penanggulangan bencana banjir untuk siswa di SMP 1 Dewantara, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, pada Jumat (25/11/2022) lalu.

Kepada Unimalnews, Kamis (8/12/2022) Anis Safira mengatakan, kegiatan Psikoedukasi dipandu oleh kawannya Melisa Putri. Materinya disampaikan oleh Dani dan Nindya yang juga mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Psikologi Kebencanaan. Kegiatan ini dimulai dengan perkenalan mahasiswa dan 30 siswa yang mengikuti Psikoedukasi tersebut.

“Banjir merupakan bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Kemudian kami juga menjelaskan, penyebab banjir yang terjadi serta cara untuk menanggulangi banjir seperti perbaikan fungsi sungai dan selokan, melakukan reboisasi dan hindari penebangan pohon liar, memperbanyak daerah resapan air, berhenti membuat rumah di tepi sungai dan membangun gedung-gedung tinggi dan besar, mengurangi pemakaian plastik, dan jangan buang sampah sembarangan,” katanya.

Anis menyebutkan, tujuan kegiatan ini agar siswa lebih peduli dengan lingkungannya demi mewujudkan lingkungan yang bersih. Manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini diharapkan  dapat meminimalisir terjadinya bencana banjir yang salah satu penyebabnya adalah membuang sampah sembarangan.

“Dampak yang akan terjadi ketika bencana banjir ini, hilangnya tempat beristirahat, hilangnya kenyamanan bersama keluarga dikarenakan ini terjadilah stress yang dirasakan oleh korban bencana,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar