Dosen Unimal Latih Tukang Bangunan di Gampong Blang Pulo

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Latih Tukang Bangunan di Gampong Blang Pulo

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Malikussaleh (Unimal) menyelenggarakan pengabdian berbasis pelatihan kepada 20 orang tukang bangunan yang ada di Gampong Blang Pulo, Kota Lhokseumawe, Sabtu (12/11/2022).

Pengabdian ini diketuai oleh Dr Ing Sofyan MT dan beranggotakan David Saran MT dan Fasdarsyah MT memilih Gampong Blang Pulo sebagai lokasi untuk pengabdian kepada masyarakat.

Dr Ing Sofyan mengungkapkan, daerah ini memiliki resiko bencana alam berupa gempa bumi. Selain itu masih banyak kesalahan pelaksanaan bangunan rumah yang tidak sesuai dengan standar teknis seperti pembuatan beton, penulangan balok, kolom dan plat lantai, penyambungan tulangan dan lain sebagainya.

“Hal ini terjadi karena tukang bangunan di desa tidak pernah mendapat pelatihan untuk meningkatkan keterampilannya,” katanya.

Sofyan menyebutkan, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tukang bangunan agar dapat melaksanakan pembangunan rumah sesuai standar teknis bangunan tahan gempa.

“Pelatihan dilakukan dengan penjelasan melalui Power Point Text, video simulasi, dan buku saku yang dibagikan kepada seluruh peserta,” ungkapnya.

Lanjutnya, berdasarkan hasil review kuesioner yang dibagikan selepas acara, kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat dan peserta berharap dapat dilanjutkan atau diadakan kembali nantinya.

Tahun depan akan dilangsungkan briefing atau penjelasan langsung di lapangan dengan teknik keliling lokasi proyek para tukang bangunan tersebut. Tak hanya itu, pengabdian ini juga akan ada pelatihan-pelatihan lanjutan dengan menggandeng beberapa asosiasi terkait.

“Harapannya materi pelatihan dan isi buku saku mampu diimplementasikan oleh para tukang. Sehingga bangunan rumah yang dikerjakan sesuai standar teknis, yakni tahan gempa,” pungkas Dr Sofyan.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar