Mahasiswa Agroekoteknologi Laksanakan PKL Panen Kopi Arabika di KBQ Baburrayan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Agroekoteknologi Laksanakan PKL Panen Kopi Arabika di KBQ Baburrayan

UNIMALNEWS | Takengon - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi angkatan 2020, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Koperasi Baitul Qiradh (KBQ) Baburrayan,  Takengon, Aceh Tengah, Rabu (11/01/2023). Dalam kesempatan itu mahasiswa melakukan panen kopi yang sebelumnya sudah dipraktekkan terlebih dahulu oleh Moch Charis ST selaku manager di koperasi tersebut.

Mahasiswa dalam kelompok PKL ini adalah Jepri Kesogihen, Nadiatul Ulia, Paisah Nasution, Nuraisyah rangkuti, Adelya Puspita, Mawaddah, Putri Ula, Kholida Hannum dengan konsentrasi Agronomi dosen pembimbing, Dr Ismadi MSi, Dr Nilahayati M P, Septiarini Zuliati MSi, dan Dr Hafifah MP.

Salah satu mahasiswa PKL, Jepri Kesogihen mengatakan, kegiatan ini dilakukan di kebun praktek KBQ Baburrayan. Kegiatan pemanenan ini diawasi langsung oleh Moch Charis ST yang dilakukan pada hari kedua PKL.

“Kami sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan panen ini,” katanya.

Manager KBQ Baburrayan, Moch Charis ST mengatakan, hasil panen  ini nanti nya dilakukan pengolahan kopi  secara wet proses dan dry proses. Kegiatan PKL pada minggu pertama ini akan selalu berada di kebun kopi, pada minggu kedua berkegiatan di kantor dan pabrik Baburrayan, pada minggu ketiga akan menyambangi prosesor petani dan pada minggu ke-empat akan dibimbing dalam penulisan laporan PKL serta evaluasi kegiatan PKL.

Dosen pembimbing di KBQ Baburrayan, Dr Ismadi berharap mahasiswa yang melaksanakan Kegiatan PKL di Baburrayan ini dapat menguasai dari hulu sampai hilir pengolahan kopi.

“Selalu kompak dalam melakukan PKL dan harap menulis laporan PKL saat berada di lokasi PKL,” pungkasnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar