Mahasiswa PKL Agroekoteknologi Unimal Melakukan AKP Pada Kelapa Sawit di PTPN III Kanas

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa PKL Agroekoteknologi Unimal Melakukan AKP Pada Kelapa Sawit di PTPN III Kanas

UNIMALNEWS | Labuhanbatu - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh mengikuti Praktek Kerja Lapangan  (PKL) di PT Perkebunan Nusantara lll Aek Nabara Selatan (Kanas) di Kecamatan Bilah Hulu,  Labuhan Batu, Sumatera Utara, Senin (9/1/2023).

Mahasiswa dari kelompok PKL ini adalah Ridwan Habib, Risky Ade Perwira, Wihartaty Dwi Sandi , Faizah Fachrani dan Ratih Fatmaliah. Mahasiswa tersebut terdiri dari dua konsentrasi yakni konsentrasi Agronomi dibimbing oleh Khaidir MSi  Sedangkan untuk konsentrasi Hama Penyakit Tanaman dosen pembimbingnya adalah Muhammad Muaz Munauwar MP.

Salah seorang mahasiswa PKL Ridwan Habib mengatakan, mahasiswa PKL juga turut melakukan proses perhitungan buah matang panen kelapa sawit dengan cara menghitung AKP (Angka Kerapatan Panen) dengan pengecekan secara langsung tros pada pohon yang akan dipanen esok harinya. 

“Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah tros, dan berat tros yang akan dipanen, berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dalam sekali panen, serta berapa mobil pengangkut yang akan dikerahkan pada pemanenan tersebut,“ katanya .

Ridwan berharap, kegiatan ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan tentang hipotesis hasil perhitungan buah matang panen.

“Kami berharap dengan adanya perhitungan AKP ini dapat dijadikan acuan dalam mengelola sistem pemanenan serta dapat mencapai hasil produksi yang optimal,”tambahnya.[tmi]


Kirim Komentar