Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Aplikasian Elisitor Biosaka Di UPT Benih Induk Padi Tanjung Morawa

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Aplikasian Elisitor Biosaka Di UPT Benih Induk Padi Tanjung Morawa

UNIMALNEWS | Deli Serdang - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi angkatan 2020, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di UPT Benih Induk Padi (BIP) Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Jumat (20/1/2023).

Kelompok PKL ini beranggotakan 5 mahasiswa yaitu Nur Fachri dan Putri Amelia yang dibimbing oleh Septiarini Zuliati MSi, kemudian Nada Safira dan Lizah Pulungan dengan dosen pembimbing yaitu Nazimah MSi, dan yang terakhir Nurhidayati dengan dosen pembimbing Dr Baidhawi.

Salah satu mahasiswa PKL, Nur Fachri mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswa PKL tentang pencegahan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman).

"Kegiatan ini cukup menarik. Bagaimana tidak, elisitor biosaka ini baru kami dengar di lokasi PKL ini. Biasanya mahasiswa hanya mendengar bagaimana cara pengendalian OPT, tetapi kali ini mahasiswa diajarkan bagaimana cara mencegah agar OPT tidak mudah mengganggu tanaman,” katanya.

Selain itu, elisitor biosaka ini juga memiliki banyak manfaat. Yaitu hemat pupuk hingga 50%, menurunkan penggunaan pestisida kimia, hemat biaya, mengurangi serangan hama dan penyakit, menyuburkan lahan, serta ramah lingkungan.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa melakukan praktek pembuatan elisitor biosaka sekaligus pengaplikasian nya di  tanaman padi sawah. Mereka dibawa ke lahan percobaan oleh Agus Syahputra Siregar SP selaku Kasi Produksi dan Agusna Dewi SH selaku Kasubag Tata Usaha.

“Pemanfaatan elisitor biosaka dilakukan sebagai alternatif dari permasalahan pupuk subsidi yang sudah terbatas saat ini,” pungkas Raslin Hutabarat SP selaku ketua LPHP Tanjung Morawa.[tmi]


Kirim Komentar