Chit-Chat Himako Unimal Bahas Magang dan Studi Independen Bersertifikat

SHARE:  

Humas Unimal
Tangkapan layar google Meet

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himako) Falkultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh menggelar kegiatan HIMAKO Chit-Chat dengan tema “One Step Improvement With MSIB Batch 4” yang dilaksanakan secara daring melalui Google Meet, Senin (23/1/2023).

Acara tersebut diikuti puluhan peserta dari kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi yang tentunya tertarik dengan program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat). Acara dipandu Ulfa Nafarisi (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unimal), dengan menghadirkan dua pemateri, Cut Tara Nazilla (Program Magang OK OCE) dan Cindy Atika (Program Studi Independen PT. Arkatama).

“Program MSIB ini menarik karena dapat membuat Mahasiswa mandiri, Saya yakin jika kita bisa mengikuti kegiatan ini maka kita bisa menjadi yang terdepan,” kata Kamaruddin selaku Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi.

Acara ini dibuat sebagai bentuk upaya mendukung program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang keterampilan (soft skill) dan mendorong kemampuan mahasiswa di dunia praktik kerja. Program ini juga dapat memberikan pengalaman menarik di luar kampus bagi mahasiswa.

Cut Tara dalam materinya menyampaikan bahwa selama Ia mengikuti magang dengan mitra OK OCE, Ia dididik menjadi seorang entrepreneurship yang mandiri, coaching, leadership dan dapat berinteraksi dengan masyarakat. Dalam proses pendaftaran Cut mengaku banyak terbantu dengan berkonsultasi kepada senior-senior, termasuk bagaimana membuat CV ATS.

“CV merupakan elemen penting dalam penentuan kelulusan kita dalam program. Masing-masing dari kita memiliki kelebihan tersendiri, Kalian harus mencoba jangan rendah diri, kalian juga harus memiliki satu skill yang lebih dari yang lain,” ungkap Cut.

Dilanjutkan dengan materi dari Cindy, Ia banyak menyampaikan materi mulai dari syarat-syarat pendaftaran, benefit, tata cara mendaftar hingga skema yang diperlukan.

“MSIB memiliki tujuan sebagai sarana belajar dan mengembangkan diri Mahasiswa. Selain mempelajari teori kita juga mempelajari prakteknya,” ucapnya.

Selama mengikuti program magang ia mengaku cukup tertantang dimana Ia mengambil Digital Marketing yang terhubung dengan bisnis. Untuk kesulitan dalam proses seleksi Cindy mengaku bahwa seleksi skill adalah seleksi tersulit yang Dihadapi.

“Untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi lebih tepatnya agar mempertimbangkan dan memikirkannya secara matang-matang ketika mau mendaftar pada program tersebut. Akan ada sanksi yang diberikan oleh prodi jika kita membatalkan atau mengundurkan diri setelah mendaftar dan diterima oleh instansi magang,” tuturnya.[]tmi


Kirim Komentar