Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Ikuti PKL di PTPN III Kebun Tanah Raja

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Ikuti PKL di PTPN III Kebun Tanah Raja

UNIMALNEWS | Serdang Bedagai - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melakukan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PTPN III Kebun Tanah Raja, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Kamis (19/1/2023).

Mahasiswa beranggotakan 4 orang  dengan konsentrasi yang berbeda-beda yaitu Ari Surya konsentrasi agronomi, Susan Lestari konsentrasi Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman (IHPT) , Sutan Fhaddry Kurniawan Harahap konsentrasi Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman (IHPT), dan Rizky Rahmadayanti konsentrasi Ilmu Tanah.

Praktek Kerja Lapang dilakukan selama 1 bulan untuk menerapkan teori yang didapatkan dibangku perkuliahan. "Pada minggu pertama mereka akan mempelajari mengenai pemeliharaan TBM, minggu kedua mengenai Tanaman Menghasilkan (TM), minggu ketiga mengenai hama, penyakit dan gulma pada tanaman kelapa sawit, serta minggu keempat mengenai pengolahan kelapa sawit,” jelas Anis Mahdi MP selaku asisten afdeling 3 di PTPN III Kebun Tanah Raja.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan yaitu pemurnian kacangan (P1:3M) dan Assisted Pollination (Aspol). P1:3M adalah rotasi pemurnian kacangan (Mucuna bracteata) dari gulma yang dilakukan 3 minggu sekali. Pemurnian kacangan dilakukan dengan cara manual dan kimiawi. Manual dengan menggunakan cangkul kemudian membersihkan gulma disekitar kacangan. Sedangkan kimiawi dengan menggunakan herbisida dan diaplikasikan dengan disemprot. Kacangan ditutupi dengan plastik agar tidak terkontaminasi herbisida.

"Kacangan (Mucuna bracteata) bermanfaat untuk menjaga kelembaban tanah, menekan pertumbuhan gulma dan hama kumbang tanduk (Oryctes rhinoceros) serta dapat mencegah erosi tanah. Bahkan apabila Mucuna bracteata mati, akan menyumbang 6-8ton/ha unsur hara N" jelas Vincen Rajoloan Manurung SP selaku Askep di PTPN III Kebun Tanah Raja.

Sedangkan Assisted Pollination (Aspol) adalah suatu usaha pemberian pollen bunga jantan ke bunga betina dengan bantuan manusia yang bertujuan untuk menghasilkan buah yang berkualitas.

"Aspol ini hanya dilakukan pada varietas socfin, karena bunga betina lebih banyak daripada bunga jantan (feminim). Kegiatan aspol ini akan menghasilkan buah kelapa sawit yang tidak landak dan besar," jelas Nasrul Bustami selaku mandor Aspol Afdeling 3 di PTPN III Kebun Tanah Raja.

Salah satu mahasiswa PKL Ari Surya mengatakan, semoga setelah PKL ini akan bermanfaat bagi mereka untuk memasuki dunia pekerjaan sebagai pengalaman ketika di berada di lapangan.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar