Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Ikuti PKL di PT Socfindo Kebun Aek Loba

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Ikuti PKL di PT Socfindo Kebun Aek Loba

 

UNIMALNEWS | Asahan - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi angkatan 2020, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di di PT Socfindo Kebun Aek Loba, Kecamatan Aek Kuasan, Kabupaten Asahan,  Sumatera Utara, Selasa (24/1/2023).

Dalam kesempatan itu mahasiswa melakukan Kastrasi yaitu pengambilan atau pembuangan bunga dompet pada tanaman kelapa sawit yang berumur 2 tahun setelah pemindahan tanaman ke dari pembibitan kelapangan utama.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok ini yaitu Andini, Al Rassya Suhendri, Alfinsyah Lubis, Rivandi Pratama dan Tengku Haziah Subhatina. dengan konsentrasi Agronomi. Dengan dosen pembimbing yakni Dr Ir Jamidi MP.

Salah satu mahasiswa PKL,  Al Rasya Suhendri mengatakan, kegiatan di PT Socfindo kebun Aek Loba yang sedang dilaksanakan untuk menambah pengetahuan tentang pemeliharaan tanaman belum menghasilkan karena selain turun langsung kelapangan, juga di berikan penjelasan langsung oleh Asisten Afdeling, Mandor Kepala dan mandor Kastrasi.

“Kegiatan ini cukup menarik karena selain diberikan materi materi yang bermanfaat mahasiswa juga diberi kesempatan langsung meninjau permasalahan serta solusi yg ada di lapangan,” katanya.

Mahasiswa lain, Alfinsyah Lubis menyampaikan, selama PKL  pihaknya diberi arahan oleh asisten afdeling untuk melakukan pemupukan di PT Socfindo Kebun Aek Loba.

“Disitu kami di ajarin dosis pemupukan jenis Urea yang di taksir kan 1 pokok kelapa sawit diberikan 0,3 kilogram/tanaman. Dalam setiap goni yang biasanya disebut dengan until itu berisi 15 kilogram yang dapat digunakan untuk 50 tanaman kelapa sawit.  Dalam satu until tersebut memakan waktu 15 menit, proses pemupukan tersebut ditabur keliling di dalam jangkos (janjangan kosong kelapa sawit) agar peresapan pupuk tersebut lebih cepat masuk kedalam akar tanaman,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar