Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Ikuti PKL di Atra Farm Sawang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Ikuti PKL di Atra Farm Sawang

 

UNIMALNEWS | Sawang - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi angkatan 2020, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di lembaga Atra Farm Sawang Aceh Utara, Kamis (05/1/2023).

Dalam kesempatan itu mahasiswa melakukan teknik perbanyakan tanaman dengan berbagai jenis tanaman yang berbeda. Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok ini yaitu Asni Damayanti, Naylis Sa'adah,Sarah Riswana,Aisya Adistiara,dan Fazillati Bu Saida.Dengan konsentrasi Agronomi dengan Dosen Pembimbing, Muhammad Rafli MP.

Salah satu mahasiswa PKL, Naylis Sa'adah  mengatakan, kegiatan di Lembaga Atra Farm (Penangkar Benih) yang dilaksanakan untuk menambah ilmu pengetahuan tentang Perbanyakan tanaman dan Pembibitan.

"Kegiatan ini selain mendapatkan materi yang bermanfaat, mahasiswa juga Ikut berkontribusi dalam melakukan perbanyakan tanaman dengan menggunakan berbagai teknik seperti tehnik Grafting, Okulasi,dan juga mempelajari bagaimana menentukan entres yang baik untuk dilakukan Grafting,” katanya.

Mahasiswa lain, Sarah Riswana mengatakan, selama PKL pihaknya diberi arahan sekaligus dituntun oleh pembimbing lapangan dalam melakukan kegiatan di lapangan.

"Disitu kami diajarkan berbagai macam cara perbanyakan tanaman.  Selain itu kami juga di kasih perintah untuk melakukan pengaplikasian trichoderma untuk mengatasi berbagai penyakit,” ungkapnya.

Ia menambahkan, seperti yang diketahui trichoderma biasanya berfungsi sebagai organisme pengurai dan dapat pula berfungsi sebagai agen hayati dan stimulator pertumbuhan tanaman.

“Serta kami dituntun untuk melakukan pengamatan pada setiap minggunya,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar