Ini yang dilakukan Mahasiswa Agroekoteknologi Selama PKL di PTPN IV Kebun Air Batu

SHARE:  

Humas Unimal
Ini yang dilakukan Mahasiswa Agroekoteknologi Selama PKL di PTPN IV Kebun Air Batu

UNIMALNEWS | Asahan - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PTPN IV Kebun Air Batu, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Sabtu (28/01/2023).

Kegiatan PKL ini dilaksanakan Mahasiswa yang beranggota 5 orang  diantaranya  Nurhasnita, Bawani Arbi Simatupang, Andre Setiawan, Saddam Agung Tampati, dan Zickry Pratama Hadi Winata dengan dosen pembimbing meliputi Septiarini Zuliati MSi, Rosnina MP, dan Dr Ir Yusra.

Zicky Pratama mengatakan, selama kegiatan PKL banyak sekali ilmu yang didapat seputar kelapa sawit salah satunya yaitu mengenai Assisted Pollination (Aspol)

"Tujuan dilakukannya Aspol ialah dapat terserbukinya seluruh bagian bunga betina pada buah kelapa sawit sehingga meningkatkan produksi," katanya.

Kemudian, Arbi juga mengatakan, praktek aspol ini dilakukan pada pagi sampai tengah hari dan akan dihentikan bila turun hujan.

“Untuk menghemat pemakaiannya, pollen harus dicampur dengan  tepung talkum dengan perbandingan 1:5. Kemudian penyemprotan pollen dilakukan 3 kali berulang dan harus mengenai seluruh bagian bunga agar memaksimalkan penyerbukan yang akan terjadi," jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan PKL ini sangat memberikan manfaat untuk menambah ilmu tentang perkebunan serta menambah pengalaman sebelum memasuki dunia pekerjaan.[tmi]


Kirim Komentar