Mahasiswa Pertanian Unimal Melakukan PKL di BLRS Lonsum Simalungun

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Pertanian Unimal Melakukan PKL di BLRS Lonsum Simalungun

 

UNIMALNEWS | Simalungun - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi angkatan 20, Jurusan Budidaya Pertanian, Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di BLRS (Bah Lias Research Station) di PT. PP London Sumatra Indonesia, Kabupaten Simalungun, Senin  (30/01/2023). Dalam praktek ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar di berbagai bidang yaitu Entomology, Pathology, Agronomi, Breeding, SPS, Seed Physiology,  dan Cytology.

Adapun mahasiswa yang tergabung dalam kelompok PKL ini  8 orang yaitu Maulana Muhammad Sandy dengan konsentrasi Ilmu tanah yang dibimbing oleh dosen Dr Ir Halim akbar. Rahmat Hidayat dan Putri Airanisa yang dibimbing oleh dosen Dr Laila Nazirah MP. Muhammad Basir, Enny Anggraini yang dibimbing oleh dosen Dr Nilahayati MSi. Dimas Saputra dibimbing oleh dosen Zurrahmi wirda MP. Rizky Dwian Nufanda yang dibimbing oleh Dr Ir Rd. Selvy Handayani, dan Wulan Armadhani Nainggolan yang dibimbing oleh Fadhliani MSi dengan konsentrasi Agronomi.

Muhammad Sandy mengatakan, pada minggu pertama mereka diajak ke bidang Entomology, disana diajarkan bagaimana cara untuk sensus tanaman yang terserang serangga dan hama.

“Pada hari pertama sampai hari ketiga, kami diajarkan bagaimana caranya sensus tanaman yang terserang serangga Oryctes rhinoceros dan hama Rattus tiomanicus. Pada hari keempat kami diajarkan bagaimana caranya mengendalikan gulma dan cara identifikasi gulma serta penghitungan kalibrasi pestisida untuk perkebunan kelapa sawit, dan hari kelima diajarkan caranya sensus ulat api (Setothosea asigna) dan siklus hidup ulat api, dan mengendalikan serangga yang sudah di sensus,” katanya.

Sandy menyebutkan, kegiatan PKL di bidang Entomology ini di disambut baik oleh koordinator Asisten Entomologi. Pada minggu ke dua mahasiswa pindah ke bidang Pathology. Disana mereka  diajarkan untuk sensus Ganoderma, mengidentifikasi secara fisik tanaman yang terserang Ganoderma, melakukan perkembangan biakan Trichoderma di dalam ruangan Laboratorium Pathology, menguji sampel-sampel Trichoderma yang di kembangbiakan di laboratorium, dan  menghitung perkembangan spora Trichoderma yang di kembangbiakan.

“Kegiatan PKL ini sangat banyak memberikan ilmu pengetahuan bagi kami,” pungkasnya.


Kirim Komentar