Di PTPN IV Kebun Air Batu, Mahasiswa PKL Unimal Belajar Tentang Pengolahan Sawit

SHARE:  

Humas Unimal
Di PTPN IV Kebun Air Batu, Mahasiswa PKL Unimal Belajar Tentang Pengolahan Sawit

UNIMALNEWS | Asahan - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melakukan Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) di PTPN IV Kebun Air Batu, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Rabu (30/01/2023).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok ini yaitu Dimas Wardana, Kiki Prayogi, Elgi Pria, Hari Bakda, Karina Tumangger,  Hafizah Ulham konsentrasi Agronomi dengan dosen pembimbing Muhammad Yusuf N SP, dan Zahrai Al Rika Syahputri konsentrasi Agronomi dengan dosen pembimbing Rosnina MP.

Mahasiswa akan mengikuti PKL selama 1 bulan penuh. Di Akhir pelaksanaan ini diwajibkan untuk membuat laporan yang telah dilaksanakan.

Salah satu mahasiswa PKL, Kiki Prayogi mengatakan, kegiatan di PTPN IV Kebun Air Batu dilaksanakan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman salah satu kegiatannya Pengenalan PKS Kebun Air Batu. Asisten Pengolahan juga ikut membersamai dan menjelaskan secara langsung.

"Di setiap alur proses pengolahan terdapat beberapa stasiun dimulai dari stasiun timbangan hingga ke pengolahan limbah. Pabrik ini mengolah dengan kapasitas 30 ton/jam,” katanya.

Dimas Wardana, selaku mahasiswa PKL juga menyampaikan, dengan pengenalan ini, pihaknya mengetahui cara kerja dan fungsi dari setiap alat yang ada di setiap stasiun. Di setiap stasiun juga terdapat norma standar tertentu guna mendapatkan hasil produksi yang maksimal dan tentunya tidak ada yang terbuang.

“Selama PKL pihaknya diberi arahan untuk melihat pengolahan limbah. Di Kebun Air Batu terdapat 2 limbah yaitu padat dan cair. Limbah padat seperti Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) dijadikan pupuk untuk Tanaman Belum Menghasilkan (TBM). Sedangkan Limbah cairnya diarahkan ke kolam limbah yang terdapat 7 kolam yang saling mengalir dan bertahap," pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar