FP Unimal Latih Dosen Menulis RPS Berbasis Case-Based dan Project-Based Learning

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh mengikuti pelatihan metode pembelajaran dan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester berbasis Case-Based Learning (CBL) dan Project- Based Learning (PjBL) di Aula Laboratorium Fakultas setempatt selama dua hari, Jumat dan Sabtu (3-4/03/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Reuleut - Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh (Unimal) menyelenggarakan pelatihan metode pembelajaran dan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester berbasis Case-Based Learning (CBL) dan Project- Based Learning (PjBL). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen Fakultas Pertanian yang dilaksanakan di Aula Laboratorium Fakultas Pertanian Kampus Unimal Reuleut selama dua hari, Jumat dan Sabtu (3-4/03/2023).

Pelatihan ini menghadirkan Dr Sophia Dwiratna dan Dr Siti Nurhasanah dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Padjajaran Bandung sebagai narasumber. Selain itu, turut hadir Ahmad Nayan MT sebagai perwakilan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu  (LP3M) Unimal.

Dr Yusra selaku Wakil Dekan I Fakultas Pertanian menyebutkan bahwa pelatihan ini bertujuan meningkatkan mutu pembelajaran dengan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) guna mencapai Indikator Kinerja Utama fakultas serta sebagai bentuk implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

”RPS ini sangat penting dalam proses pembelajaran agar tercapai profil lulusan seperti yang sudah ditetapkan program studi”, ujar Yusra.

Sementara itu, dalam sambutannya, Dekan Fakultas Pertanian, Dr Mawardati berharap bahwa kegiatan ini dapat diikuti dengan baik oleh seluruh dosen Fakultas Pertanian sehingga para dosen dapat mengikuti metode pembelajaran yang kolaboratif dan partisipasif.

“Dengan pelatihan ini, dosen agar dapat menyusun atau memperbaharui RPS sesuai dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sesuai perubahan zaman berbasis Case-Based Learning dan Project-Based Learning,” terang Mawardati.

Setelah selesai mengikuti pelatihan ini, semua dosen diharapkan lebih memahami proses penyusunan RPS berbasis CBL dan PjBL dan RPS dapat terus diperbaharui setiap semester dan bisa menyelesaikan penulisan semua RPS berbasis CBL dan PjBL untuk semua mata kuliah.[kur]

 

 


Kirim Komentar