Tim Debat Fakultas Hukum Unimal Juara I Moot ADR Competition Tingkat Nasional

SHARE:  

Humas Unimal
Tim Debat Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh bersama Presiden Dewan Sengketa Indonesia, Sabela Gayo PhD (Jas Hitam) seusai penyerahan piala Moot ADR Competition 2023 di Banda Aceh. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Banda Aceh - Dewan Sengketa Indonesia (DSI) mengumumkan pemenang Moot ADR Comptetition 2023 di ACC Dayan Dawood, Universitas Syiah Kualah, Banda Aceh pada Jum’at (3/3/2023). Dalam pengumuman tersebut Tim Debat Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh berhasil meraih Juara I untuk kategori Mediasi.

Alternative Dispute Resolution – semu (Moot-ADR) merupakan salah satu keterampilan hukum yang mempunyai dimensi substansial dan performa (peragaan). Moot-ADR dapat berdimensi dasar dan dapat pula berdimensi lanjutan pada berbagai bidang masing-masing.  Moot ADR Competition 2023 DSI merupakan kompetisi yang diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa  hukum di Indonesia.

Adapun tahapannya telah dimulai sejak Desember Tahun 2022, yang mana para peserta yang ingin mengikutinya diberikan waktu  untuk pengriman link tayangan sejak 1 Desember 2022 hingga 28 Februari 2023. Selanjutnya dilakukan penilaian pada rentang waktu 15 Februari hingga 2 Maret 2023. Piala Dewan Sengketa Indonesia tersebut diserahkan langsung oleh Presiden DSI, Sabela Gayo PhD.

Kategori Mediasi adalah salah satu alternatif penyelesaian sengketa dan merupakan cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memeroleh kesepakatan para pihak dengan dibantu oleh mediator. “Kompetisi ini menjadi bagian penting bagi pengembangan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan substansi dan performa dalam situasi mendekati (like) praktik dalam sidang ADR,” jelas Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Hukum Unimal, Hadi Iskandar MH.

Menurutnya, selain bermanfaat bagi mahasiswa yang tergabung dalam Tim Moot ADR, prestasi ini juga dapat meningkatkan IKU (Indikator Kinerja Utama) fakultas khususnya bidang kemahasiswaan. Hadi pun memberikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para mahasiswa dan dosen pembimbing Tim Moot ADR FH Universitas Malikussaleh. “Dalam kegiatan ini mahasiswa kita didampingi oleh  Dr Manfarisyah, Dr Sulaiman, Hidayat MH, dan Eko Gani, MH,” ujarnya.

Keberhasilan ini disambut rasa gembira dan bangga oleh Dekan FH Unimal, Prof Jamaluddin.  Alhamdulillah, Saya senang dan bangga sekali dengan prestasi yang diraih oleh para mahasiswa kita ini. Hal ini membuktikan bahwa kita mampu bersaing pada event-event nasional . “Harapan saya, semoga prestasi ini mampu kita pertahankan dan dapat memotivasi mahasiswa lainnya agar terpacu untuk meraih prestasi lebih banyak lagi,” ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng juga mengucapkan Selamat kepada keluarga besar FH Unimal yang telah berhasil meraih prestasi tingkat nasional kegiatan  Moot ADR Comptetition 2023 Dewan Sengketa Indonesia. “Prestasi ini menunjukkan bahwa akreditasi unggul yang telah didapat oleh Fakultas Hukum Unimal pada tahun 2022 berjalan selaras dengan capaian prestasi mahasiswanya. “Terus berkarya dan harumkan nama Universitas Malikussaleh dengan capaian prestasi,” pungkas Rektor.


Kirim Komentar