Ini Pesan Rektor Unimal Saat Melepas Mahasiswa KKN Tematik Stunting

SHARE:  

Humas Unimal
Ini Pesan Rektor Unimal Saat Melepas Mahasiswa KKN Tematik. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dengan memakai pakaian adat Sulawesi Selatan, Rektor Universitas Malikussaleh Prof Dr Herman Fithra Asean Eng melepaskan 80 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Stunting kedua gampong yang ada di Aceh Utara dan Lhokseumawe, Jumat (17/3/2023).

Dalam kesempatan itu, Prof Herman menyampaikan agar mahasiswa terus menjaga nama baik Unimal, karena nanti akan berada di tengah-tengah masyarakat dalam menjalankan pengabdian tersebut. “Nanti mahasiswa akan berada dalam masyarakat, disitu akan dilihat dari tingkah laku kita hingga perilaku kita, itu akan dinilai oleh masyarakat, maka yang utama saya berpesan tetap menjaga nama baik kampus,” katanya.

Kemudian, nantinya mahasiswa juga harus bisa memberikan contoh yang baik terhadap orang-orang yang berada di sekitar, apalagi fokus KKN sekarang tentang Stunting. “Nanti coba dicari informasi, digali lebih jauh, dan dilihat apa penyebab di beberapa gampong itu menurut data BKKBN angka stuntingnya tinggi,” pesan Prof Herman.

Jika sudah mendapatkan data, mahasiswa nanti bisa menganalisa dan mencari jalan keluarnya apa yang harus dilakukan, sehingga di gampong tersebut ada perubahan. “Mahasiswa akan ditempatkan di gampong itu empat bulan, dan disana nanti akan belajar kondisi riil ditengah masyarakat, karena begitu tamat nanti juga kembali ke masyarakat,” tuturnya.

Melalui MBKM ini, diharapkan mahasiswa bisa menyesuaikan diri, karena hanya 20 persen alumni itu di seluruh perguruan tinggi bisa bekerja sesuai bidangnya, 80 persen lagi kerjanya diluar kompetensi keilmuannya.

“Sehingga dengan ada pengalaman ini, diharapkan nantinya lebih kuat menghadapi tantangan setelah sarjana,” pesan Prof Herman.

Untuk diketahui, kegiatan KKN Tematik kali ini bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh. Ada 160 mahasiswa yang akan diterjunkan ke empat kabupaten/kota yaitu Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Aceh tengah dan Kabupaten Bener Meriah. Pelepasan 80 mahasiswa hari ini yang dilakukan di jalan Irian kampus Bukit Indah, Lhokseumawe ini akan ditempatkan di Lhokseumawe dan Aceh Utara yaitu di Gampong Blang Pulo Kecamatan Muara Satu dan Gampong Tambon Tunong Kecamatan Dewantara.[tmi]


Kirim Komentar