Dosen Unimal Sosialisasi Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Anak-Anak di Bulan Ramadhan

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Sosialisasi Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Anak-Anak di Bulan Ramadhan

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Bulan Ramadhan bukan hanya sebagai bulan suci bagi umat Islam untuk berpuasa, namun juga sebagai momentum untuk meningkatkan kegiatan kebaikan dan berbagi kepada sesama.

 

Dalam rangka memberikan edukasi kesehatan gigi dan mulut bagi anak-anak selama bulan Ramadhan, beberapa dosen dari Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, Sabtu (8/4/2023) di Lembaga Pendidikan Islam  Rumah Tahfidz Bustanul Mustafa Gampong Meunasah Mesjid Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe.

Para dosen lintas prodi yang terlibat adalah drg Anita Syafridah MKes, Nanda Ameliany MSi., Maisyura MSM, Sjafruddin ME, dan Lisa Iryani MAP.

Ketua Pelaksana kegiatan Pengabdian, Risna Dewi mengatakan, pihaknya menekankan cara menyikat gigi yang benar, pentingnya berkumur-kumur, serta bahaya konsumsi makanan dan minuman yang berlebihan bagi kesehatan gigi dan mulut.

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Oleh karena itu, kami ingin memberikan edukasi dan sosialisasi yang bermanfaat bagi anak-anak dan juga para ustaz/ustazah di lembaga  pendidikan ini,” katanya.

Kemudian, drg Anita Syafridah selaku pemateri utama memberikan contoh cara menyikat gigi yang benar kepada anak-anak menggunakan alat peraga gigi secara mendetail, sehingga mereka dapat mempraktikkan langsung cara yang benar dalam menyikat gigi di rumah dengan menggunakan sikat gigi yang telah dibagikan oleh tim pengabdian.

“Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari anak-anak. Hal ini terlihat dari antusiasme anak-anak dalam berinteraksi selama kegiatan berlangsung,” ungkapnya.

Pengurus Rumah Tahfidz Bustanul Mustafa  merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, mereka memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Kegiatan ini merupakan bukti nyata dari komitmen Universitas Malikussaleh dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Kami berharap kedepan akan terus memberikan edukasi dan sosialisasi yang lebih banyak lagi,” pungkasnya.[tmi


Kirim Komentar