Bangun Personal Branding, Psikolog Unimal Beri Arahan untuk Mahasiswa BCB

SHARE:  

Humas Unimal
Bangun Personal Branding, Dosen Psikolog Unimal Beri Arahan untuk Mahasiswa BCB

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa penerima Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) Universitas Malikussaleh mengikuti kegiatan Personal Branding secara daring melalui google meeting, Sabtu (13/5/2023).

Pemateri dalam kegiatan itu adalah dosen Psikologi Unimal Dwi Iramadhani MPsi Psikolog. Mentorship ini digelar secara daring mengingat mahasiswa BCB ada yang sedang belajar diluar kampus pada program MBKM, sehingga diharapkan semua mahasiswa dapat mengikutinya.

“Personal branding merupakan persepsi seseorang yang kamu bentuk terhadap dirimu dan apa yang bisa kamu tawarkan secara profesional saat ini serta di masa depan. Sehingga personal branding sangat mempengaruhi nilai (value) seseorang,” papar Dwi Iramadhani dalam materinya.

Ia menyebutkan, mentorship ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa BCB, dimana dengan mentorship ini mahasiswa diharapkan dapat menemukan nilai diri sendiri yang menjadi ciri khas dan keunggulan yang dimiliki. 

“Personal branding Proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek yang dimiliki seseorang,” tuturnya.

Dwi menjelaskan, ada beberapa aspek yang hendaknya dibangun dan dimiliki mahasiswa. Aspek yang pertama adalah speciality yaitu mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya. Kemudian, Value yaitu memiliki isi, misi dan nilai yang selalu teguh dilakukan dan mencerminkan diri. Selanjutnya kemampuan leadership, komitmen, teguh dan memperhatikan setiap tahapan yang terjadi, dan perbedaan.

“Hal ini dapat berupa dasar bawaan yang dimiliki misalnya rambut keriting, kulit sawo matang, mata sipit dan sesuatu yang kamu kembangkan karena kebiasaan. Misalnya cara berpakaian, softskill dan hardskill. Dan yang terakhir personality, yaitu kepribadian yang berkembang dari proses belajar yang kamu tampilkan dalam bentuk perilaku,” ungkap Dwi.

Hadir pada mentorship ini 28 mahasiswa BCB angkatan III dan IV Universitas Malikussaleh. Peserta pada kegiatan ini terlihat antusias dan mengajukan pertanyaan yang menarik untuk pengembangan diri mereka. 

Secara terpisah, Prof Dr M. Sayuti selaku Pembina mahasiswa BCB mengatakan, mentorship mahasiswa BCB dilakukan setiap bulan dengan tema pembinaan berbeda sesuai dengan silabus yang disusun oleh Lembaga Beasiswa Baznas Republik Indonesia. 

“Diharapkan semua mahasiswa BCB sukses dalam belajar dan sukses setelah menempuh pendidikan tinggi dengan pembekalan-pembekalan yang dilakukan oleh Lembaga Beasiswa Baznas,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar