Dua Dosen Unimal Menjadi Tim Pantarlih Luar Negeri di Malaysia

SHARE:  

Humas Unimal
Dua Dosen Unimal Menjadi Tim Pantarlih Luar Negeri di Malaysia

UNIMALNEWS I Lhokseumawe – Dua dosen Universitas Malikussaleh terpilih sebagai tim Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Malaysia. Dua dosen itu adalah Juni Ahyar dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Rayyan Firdaus dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

 Juni Ahyar mengatakan, pelaksanaan pemilu serentak di Malaysia dilaksanakan pada bulan Februari 2024 mendatang semoga berjalan sukses. Untuk menyukseskan pemilu, KPU perwakilan Kuala Lumpur membuka kesempatan kepada WNI untuk berpartisipasi menyukseskan pendataan pemilih, sebanyak 683 orang yang lulus pengumuman, ada dua orang yang terpilih berasal dari Unimal.

“Para anggota Pantarlih yang terpilih itu sebelumnya mengikuti pelantikan, dan bimbingan teknis di KBRI Kuala Lumpur pada 13 Februari 2023 baik secara langsung maupun daring. Bimbingan teknis singkat menjadi bekal untuk menjalankan peran sebagai panitia pemungutan suara,” katanya.

Ia menyebutkan, proses pemutakhiran data pemilih yang berlangsung selama 2 bulan adalah demi mendata warga negara Indonesia yang ada di negara tetangga tersebut supaya pada saat pemungutan suara nantinya sudah terdata ke sistem aplikasi yang sudah disediakan oleh panitia pemilihan umum luar negeri.

“Meskipun melelahkan, karena banyaknya data pemilih yang harus diinput ke sistem aplikasi ecoklit, kami merasa gembira, karena berhasil menjalankan peran penting dalam keberlangsungan demokrasi di Indonesia,” pungkas Juni. [tmi]


Kirim Komentar