Dosen Akuntansi Unimal Latih Pembukuan bagi Pelaku UMKM di Dewantara

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen dan mahasiswa Prodi Akuntansi FEB Unimal berfoto bersama pelaku usaha kue Cafetaria Cake usai pelatihan pembukuan dan pencatatan menggunakan Zahir Accounting di Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara yang berlangsung Senin hingga Jum’at (05-09/06/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh – Dosen Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) mandiri berupa pelatihan pembukuan dan pencatatan dengan menggunakan Zahir Accounting bagi pelaku usaha penjualan kue Cafetaria Cake Bakery&Brownies di Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara. Kegiatan ini berlangsung Senin hingga Jum’at (05-09/06/2023).

Adapun kegiatan ini dikemas dalam tema ”Pemanfaatan Zahir Accounting Sebagai Media Pembukuan dan Pencatatan Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)” dan diikuti oleh tujuh orang karyawan Cafetaria Cake, serta tiga orang mahasiswa Prodi Akuntansi Unimal.

Dalam rilis yang dikirimkan kepada Unimalnews, ketua pelaksana kegiatan, Dy Ilham Satria MSi CTT mengatakan, kegiatan yang didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unimal tersebut adalah tugas utama dosen sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu PKM yang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap semester.

Lebih lanjut Ilham mengungkapkan bahwa  tujuan kegiatan ini adalah untuk menemukan solusi permasalahan yang dihadapi oleh mitra usaha mikro, dalam hal ini adalah toko kue Cafetaria Cake. Selama ini, toko ini melakukan pencatatan usaha secara manual dan belum teratur sehingga perlu dilakukan pelatihan untuk memperbaiki sistem pembukuan dan pencatatan di toko kue ini.

”Ada beberapa aplikasi akuntansi yang ada, namun  dipilih Software Zahir Accounting karena aplikasi ini mudah digunakan untuk pekerjaan akuntansi dan menawarkan beberapa fitur yang dapat memudahkan pekerjaan akuntansi dan keuangan sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat,”ujarnya.

Sementara itu, pemilik usaha Cafetaria Cake, Halimah mengatakan, pendampingan dan pelatihan yang telah dilaksanakan sangat bermanfaat dan memberikan wawasan terkini. ”Penggunaan komputer akuntansi berbasis software Zahir Accounting memiliki  pilihan menu yang gampang diaplikasikan dan mudah cara penggunaannya, sehingga kami bisa lebih mudah dan teratur dalam mencatat transaksi penjualan. Semoga ke depannya kegiatan ini terus berlanjut dengan berbagai pendampingan dan pelatihan soft skill lainnya yang menunjang usaha kami,” harap Halimah.

Selain Dy Ilham Satria Msi CTT, dosen lain yang terlibat dalam pengabdian ini adalah Muhammad Yusra MSi, Arliansyah MSi Ak CA, dan  Hanif, MPd. Sedangkan mahasiswa yang ikut membantu dalam kegiatan ini adalah Rizka Naida Saputri, Chinthia Amanda, dan Ivo Ariani Syah. [kur]


Berita Lainnya

Kirim Komentar