Ketika Mahasiswa KKN Kelompok 09 Menanamkan Kesadaran Nilai Hidup Standar WHO

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN PPM Kelompok 09 di Gampong Binjee mengedukasi murid SD Negeri 7 Nisam, Aceh Utara, tentang perilaku hidup bersih dan sehat, belum lama ini. Foto: Ist.

MAHASISWA peserta kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyaralat atau KKN-PPM dari Kelompok 09 Universitas Malikussaleh, memanfaatkan kapasitasnya untuk mengedukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri 7 Nisam, Aceh Utara, belum lama ini. Anggota Kelompok 09 yang sebagian besar berasal dari Fakultas Kedokteran, mengajarkan dan mempraktikkan PHBS bagi murid SD.

Selama kegiatan tersebut, Nailatul Uhya (Kedokteran), memberikan penjelasan mengenai 6 langkah cuci tangan menurut World Health Organization (WHO) serta pentingnya menyikat gigi secara rutin.

Sebagai narasumber kegiatan, Nailatul Uhya, dengan penuh antusiasme menjelaskan kepada murid SD Negeri 7 Nisam mengenai pentingnya menjaga kebersihan dengan mencuci tangan.

Ia menyampaikan 6 langkah cuci tangan yang benar, yaitu membasahi tangan, menggosok kedua telapak tangan dengan sabun, menggosok punggung tangan, menggosok sela-sela jari, menggosok ibu jari, dan membilas serta mengeringkan tangan dengan bersih.

Selain itu, Nailatul Uhya juga menekankan pentingnya kegiatan menyikat gigi secara rutin. Ia menjelaskan manfaat dari menyikat gigi, seperti mencegah kerusakan gigi, menjaga kesehatan mulut, dan mencegah penyakit gigi yang lebih serius.

“Kami juga memberikan tips tentang teknik menyikat gigi yang benar, yaitu menyikat gigi secara perlahan, dengan gerakan memutar, dan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride,” paparnya.

Guru SD Negeri 7 Nisam, Marelli, menyambut baik kegiatan edukasi PHBS yang dilakukan mahasiswa KKN-PPM Unimal dari Kelompok 09. Ia mengapresiasi upaya kelompok mahasiswa dalam memberikan pemahaman yang penting tentang kesehatan dan kebersihan kepada siswa-siswi sekolah. “Semoga pengetahuan yang diberikan dapat diimplementasikan murid-murid dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Marelli.

Ketua Kelompok 09, Ahmad Fajrul Amin, menyampaikan rasa terima kasih kepada Marelli atas sambutannya yang baik. Ia juga mengapresiasi partisipasi aktif dari siswa-siswi SD Negeri 7 Nisam dalam kegiatan edukasi tersebut. “Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi positif kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran akan PHBS,” ujarnya.

Kegiatan edukasi PHBS yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa KKN-PPM Unimal di SD Negeri 7 Nisam diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih baik tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Dengan pemahaman yang tepat, diharapkan para murid dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari mereka serta berperan sebagai agen perubahan dalam mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Dosen pembimbing lapangan Kelompok 09, Ayi Jufridar SE, MSM, memberikan apresiasi kegiatan tersebut karena sudah sejalan dengan kapasitas mahasiswa dan program yang dicanangkan sejak awal. “Program lain terkait kesehatan harus segera dilaksanakan, sebelum jadwal KKN berakhir,” ujar dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengingatkan.

Mahasiswa KKN Kelompok 09 di Desa Binjee diketuai Ahmad Fajrul Amin dari Teknik Informatika. Pimpinan kelompok lain adalah Wakil Ketua, M Abrar Roffa dan Farianti Zuhra, keduanya dari Fakultas Kedokteran. Kemudian Bendahara, Irna Nurul Hidayah dari Teknik Arsitektur.

Anggota Kelompok 09 adalah Imam Irawan Saputra Hasibuan, Nadia Ulfa, dan Nailatul Uhya yang semuanya berasal dari Fakultas Kedokteran. Selain itu, ada Khairunnisah Hasibuan (Pendidikan Fisika), Zaky Dwidana Nasution (Agribisnis), Sandro Adhitama (Teknik Mesin), Muhammad Reza (Teknik Sipil), serta Khairul Ambia (Teknik Informatika). [Ahmad Albastin]

Baca juga: Sentuhan Cinta Mahasiswa KKN Kelompok 09 di TK Harapan Ban Timoh

 

 

 

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar