Universitas Malikussaleh Terima Beasiswa Cendekia Baznas

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng (dua dari kanan), bersama beberapa pimpinan mitra peneria Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) di Jakarta, Selasa (20/6/2023). Foto: Riyandhi Praza

UNIMALNEWS | Jakarta - Universitas Malikussaleh kembali menjadi kampus mitra penerima Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) tahun 2023. Unimal menjadi penerima beasiswa bersama 111 perguruan tinggi dan 48 ma’had di Seluruh Indonesia. Hal itu ditandai dengan penandatanganan adendum kerja sama kampus mitra dengan Baznas pada Selasa (20/6/2023) di Aula HM Rasjidi Kemenag RI, Jakarta.

Penandatanganan  adendum itu dilaksanakan bersamaan dengan Silaturahim Nasional Baznas dengan kampus mitra. Silaturahim Nasional tersebut dibuka oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) Dr H  Zainut Tauhid Sa'adi. Tampak hadir Ketua Baznas; Prof  Dr KH Noor Achmad, Dirjen Bimas Islam; Prof Dr Kamaruddin Amin, Direktur Diktis; Prof Dr  Ahmad Zainul Hamdi, Pemerhati Pendidikan;  Prof Rhenald Kasali, perwakilan Bappenas; perwakilan Kemdikbudristek RI, dan para Pimpinan mitra penerima Beasiswa Cendekia Baznas.

Dalam sambutannya Wamenag mengapresiasi kolaborasi Badan Amil Zakat dan perguruan tinggi dalam program BCB khususnya Perguruan Tinggi Dalam Negeri. “Hari ini kita berada di tengah acara yang menjadi bukti nyata peran umat Islam dalam membangun Indonesia, yaitu dana sosial keagamaan untuk bidang pendidikan dan kualitas sumber daya manusia melalui Beasiswa Cendekia BAZNAS,” terang  Zainut Tauhid Sa’adi.

Menurut Zainut, Indonesia dikenal luas sebagai negara yang tingkat kedermawanannya tertinggi di dunia. Hal ini dapat dilihat dengan mudahnya acara ataupun program pengumpulan zakat, infak, sedekah di berbagai tempat. “Zakat sebagai syariat Islam yang dibumikan telah berperan besar dalam pembangunan nasional,” ujar Zainut.

Sementara itu, Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng mengatakan bahwa beasiswa yang diterima oleh Unimal ini sangat bermanfaat dalam membantu mahasiswa dalam menjalankan dan menyelesaikan studi hingga akhir. “Saat ini terdapat 28 orang mahasiswa Unimal yang mendapatkan beasiswa Baznas yang berasal dari dua nagkatan yakni angkatan III dan IV,”pungkas Rektor.[ryn]


Kirim Komentar