Dosen Unimal Beri Seminar Kepada PMI di Malaysia

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Beri Seminar Kepada PMI di Malaysia

UNIMALNEWS | Malaysia -  Dosen Universitas Malikussaleh (Unimal), Hafnidar PhD dan Ikhyanuddin MAcc memberikan seminar kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) penempatan Malaysia sesuai dengan keahliannya masing-masing, yang digelar pada Minggu (9/7/2023) di Aula Hasanuddin Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia.

Kegiatan pengabdian masyarakat internasional yang berjudul “Menyusun Visi Misi dan Tujuan Hidup PMI” dan “Pinjaman Online: Resiko dan Bahayanya” yang digagas oleh Kompak bekerja sama dengan KBRI Kuala Lumpur ini mengangkat tema ‘”Pemberdayaan PMI Negara Penempatan Malaysia untuk peningkatan kapasitas dan persiapan kemandirian”.

Hafnidar mengatakan, kegiatan seminar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat untuk pekerja migran Indonesia yang dilakukan secara daring dan luring. Tim dosen dan mahasiswa Unimal berada di Malaysia selama satu pekan yaitu dari tanggal 8 sampai 14 Juli 2023.

“Follow up pendampingan PMI sangat diperlukan demi memaksimalkan dampak dari program pengabdian international ini,” katanya.

Hafnidar menyebutkan, seminar untuk PMI ini diselenggarakan oleh Komunitas Pengabdian Masyarakat (Kompak) berkolaborasi dengan 40 kampus yang ada di Indonesia. Sebanyak 237 dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan yang berasal dari Aceh, Jakarta dan Sulawesi terlibat dalam acara ini dan 60 orang diantaranya bertolak ke Malaysia.  Mahasiswa dan alumni Unimal turut berpartisipasi sebagai panitia dalam kegiatan pengabdian masyarakat internasional ini,” ungkap Hafnidar.

Kegiatan tersebut dibuka oleh perwakilan KBRI Kuala lumpur, Yosi Iskandar, Minister Konselor koordinator fungsi penerangan. Juga hadir Fungsi Konsuler, Bambang Wisnu. "Kami mengharapkan kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut di masa akan datang dikarenakan berdampak baik untuk PMI khususnya yang ada di shelter KBRI", ungkap Yosi Iskandar.[tmi]


Kirim Komentar