Tiga Proposal Pengabdian Masyarakat Unimal Terima Pendanaan Pusat Tahap Kedua

SHARE:  

Humas Unimal
Tiga Proposal Pengabdian Masyarakat Terima Pendanaan Pusat Tahap Kedua

UNIMALNEWS | Jakarta - Universitas Malikussaleh kembali memperoleh pendanaan pusat dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahap kedua tahun 20223. Setelah pada tahap pertama Unimal meloloskan dua proposal, pada tahap kedua ini Unimal kembali meloloskan tiga proposal. Total ada lima proposal pengabdian kepada masyarakat dari Unimal yang mendapati pendanaan pusat.

 

Penandatanganan kontrak antara Unimal dan DRTPM dilakukan oleh Plt Sekretaris LPPM Unimal Riyandhi Praza MSi dan Direktur DRTPM Ditjen Diktiristek Prof M Faiz Syuaib, pada Senin, 20 Juli 2023, di Best Western Premier the Hive, Jakarta.

Koordinator Pengabdian kepada Masyarakat, Lutfi Ilham Ramdhani, dalam kesempatan tersebut mengatakan kontrak pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bentuk komitmen dari para dosen untuk melaksanakan program dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme.

Terdapat total 1005 proposal yang didanai pada tahap kedua. Jumlah tersebut didapat setelah berbagai proses. “Ada 5.500 proposal yang discreaning, kemudian dari jumlah itu 1.31o dinyatakan lolos bimtek dan akhirnya 1.005 dinyatakan lolos pendanaan. 1002 merupakan pendanaan mono tahun dan tiga proposal pendanaan multi tahun” jelas Luthfi.

Prof M Faiz Syuaib menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di lingkungan perguruan tinggi tidak boleh bersifat kerja bakti, seperti hanya mendukung program pembangunan di desa yang sudah ada. Namun perguruan tinggi diharapkan berpartisipasi memberikan ide dan solusi terbaru untuk penyelesaian masalah yang ada di lokasi pengabdian. “Program Pengabdian kepada Masyarakat yang lolos pendanaan adalah pengabdian yang lokasinya berada di area perguruan tinggi asal,” terang Syuaib.

Sementara itu, Riyandhi Praza mengatakan bahwa ada lima proposal Unimal yang didanai pada tahap pertama dan kedua berasal dari 26 usulan proposal yang disubmit. “Pada tahap  kedua  ini, ada empat usulan yang mengikuti bimtek, namun yang dinyatakan lulus ada tiga. “Semoga kedepannya akan semakin banyak usulan proposal dari Universitas Malikussaleh yang mendapat pendanaan pusat,” pungkas Riyan.[tmi]


Kirim Komentar