Praktisi PT PIM Beri Kuliah Tamu di Prodi Teknik Kimia Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Praktisi dari PT PIM, Faria Insyira ST, memberikan kuliah tamu di Prodi Teknik Kimia Unimal. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Praktisi PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), Faria Insyira, ST, menjadi dosen tamu pada kuliah tami bertema proses desain pipa pada perancangan pabrik kimia di Kampus Bukit Indah, Sabtu (9/9/2023).

Dari rilis yang diberikan Koordinator Prodi Teknik Kimia, Dr Rozanna Dewi, mengatakan proses desain pipa dalam perancangan pabrik membutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam memilih diameter pipa, jenis dan material pipa, untuk mengatasi pressure drop yang timbul karena banyaknya fitting (sambungan pipa) akibat topologi lahan pabrik.   

"Kegagalan mengatasi pressure drop akan menyebabkan tekanan luaran dari pipa tidak memenuhi syarat, bahkan fluida bisa tidak mengalir dalam sistem pemipaan. Salah satu solusi mengatasi kendala tersebut adalah dengan mengurangi flow rate atau memperbesar diameter pipa," ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut mahasiswa Prodi Teknik Kimia memberikan respons positif kuliah yang melibatkan praktisi. "Program ini memberikan pengetahuan lebih bagi kontekstual kami, karena pembicara memang praktisi yang langsung menangani masalah desain perpipaan di PT PIM," ungkap Danusiri mahasiswa Prodi Teknik Kimia.

Menurut Ketua Laboratorium Teknik Kimia, Nasrul ZA, MT mengatakan bahwa kuliah tamu ini memberikan sinkronisasi pada program Merdeka Belajar  Kampus Merdeka (MBKM). "Dengan kuliah ini diharapkan mahasiswa mengetahui masalah riil di dunia industri dan mampu melakukan optimasi desain pemipaan dengan menggunakan aplikasi Hysis" (aplikasi untuk perancangan pabrik - ed). [tkf]  


Kirim Komentar