Puluhan Mahasiswa Unimal Ikuti Pendidikan dan Pelatihan PMW

SHARE:  

Humas Unimal
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Malikussaleh membuka acara pendidikan dan pelatihan PMW tahun 2023. Foto: Faizul.

UNIMALNEWS | Bukit Indah - Puluhan mahasiswa yang lolos Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Universitas Malikussaleh mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Cut Mutia, Kampus Bukit Indah, Kota Lhokseumawe, Rabu (13/9/2023). 

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Alfian. Dalam sambutannya, Alfian mengatakan bahwa dana yang diberikan kepada mahasiswa yang lolos adalah dana dari Unimal, oleh karena itu perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya dan harus dilaporkan setiap pengeluarannya. 

“Mohon untuk jujur dalam melaporkan laporannya dan saya berharap usaha yang dilakukan dapat berkembang dan maju,” ucap Alfian.

Ia juga menjelaskan bahwa bantuan PMW yang diberikan Unimal ini adalah untuk menunjang perkuliahan mahasiswa. “Minimal mahasiswa dapat memahami dan belajar dalam berwirausaha sebelum lulus sarjana atau diploma,” terangnya.

Alfian berharap kegiatan PMW ini bukan saja sebatas program, namun harus memiliki dampak di masa yang akan datang. “Setiap usaha yang akan dilakoni yang pertama tanamkan kedisiplinan dalam diri dan tanamkan keyakinan pada usaha yang sedang kita jalankan,” jelasnya.

Sementara itu ketua panitia, Sisca Olivia MS dalam sambutannya melaporkan bahwa ada beberapa tahapan yang sudah dilakukan dalam PMW tahun ini. Pada tahapan awal yaitu seleksi administrasi ada sebanyak 243 proposal masuk, pada seleksi wawancara ada 243 peserta yang diwawancarai, pada tahapan ketiga kunjungan lapangan ada 79 usaha mahasiswa yang dikunjungi. 

“Dari 79 usaha itu, kita seleksi kembali untuk mengikuti workshop pada hari ini sebanyak 45 peserta,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa jumlah 45 peserta itu tidak 100 persen lulus. “kita akan selalu melakukan evaluasi terus untuk melihat keseriusan dari mahasiswa,” tambahnya. 

Sisca juga berharap para peserta yang mengikuti pelatihan hari ini agar dapat mengikuti sampai dengan selesai supaya mahasiswa paham terhadap pelaporan kegiatan PMW. 

“Setiap dana yang diberikan harus dipertanggungjawabkan melalui pelaporan dan hari ini adik-adik mengikuti pelatihan pelaporan tersebut,” pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar