Ratusan Guru dan Mahasiswa Ikut Seminar Jurnalistik di Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Ratusan Guru dan Mahasiswa Ikut Seminar Jurnalistik di Unimal

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Sebanyak 130 peserta terdiri dari guru dan mahasiswa mengikuti pelatihan Jurnalistik di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Selasa  dan Rabu (26-27/6/2023).

Acara yang digelar Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himako)  Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik itu menghadirkan pembicara Masriadi Sambo, komisioner KPI Aceh, Rahmad YD fotografer Antara, dan Asmaul Husna penulis dan dosen Ilmu Komunikasi Unimal.

Ketua panitia acara itu, Khairun Nisa Panjaitan menyebutkan even tahunan itu untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dan masyarakat di era digital.

"Kami harap kegiatan ini bisa menjadi lahan pelatihan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap bekerja di dunia usaha dan industri," kata Khairun.

Sementara itu, Komisioner KPI Aceh, Masriadi Sambo, menyebutkan digitalisasi merubah banyak hal pada media massa.

"Salah satunya pekerjanya harus multi tasking, punya banyak kemampuan, baik mampu menulis berita, menjadi fotografer dan videografer pada waktu bersamaan," terangnya.

Dia menyebutkan, sumber daya manusia di industri kreatif masih sangat banyak dibutuhkan.

"Karena itu perlu meningkatkan kompetensi mahasiswa dari waktu ke waktu," terangnya.

Pemahaman tentang digitalisasi dan perubahan lanskap bisnis media menjadi tantangan yang harus dipelajari.

Sementara itu, Sekretaris Jurusan Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi, Unimal, Kamaruddin Hasan Kuya, mengapresiasi kegiatan tersebut.

" Ke depan akan lebih baik dibuat dalam tema lebih spesifik semisal pelatihan videografi, sehingga khusus untuk mereka yang ingin jadi videografer. Begitu pun pelatihan lainnya, perlu digelar rutin," pungkasnya.[tmi]

 


Kirim Komentar