Mahasiswa PMM Unimal Kelompok Meutuah Belajar dan Merefleksikan Budaya Nusantara

SHARE:  

Humas Unimal

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Pekan keempat Modul Nusantara mahasiswa PMM di Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam kelompok Meutuah mengikuti kegiatan belajar dan refleksi budaya nusantara yang dilaksanakan di Gedung MBKM Center, Kampus Lancang Garam Unimal, Kota Lhokseumawe, Minggu (1/10/2023).

Kepada Unimalnews, Akmal salah satu anggota kelompok Meutuah mengatakan pelaksanaan modul nusantara kelompok Meutuah agak berbeda di pekan-pekan sebelumnya. “Kegiatan modul nusantara ini dilaksanakan di hari Minggu bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan pada hari tersebut sesuai dengan implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, karena modul nusantara yang bertemakan "Refleksi Budaya" menjadi reminder atau pengingat bahwa pelaksanaan kegiatan modul nusantara pekan ini terasa lebih spesial. 

“Selain karena peringatan hari Kesaktian Pancasila, kami juga belajar dan merefleksikan nilai-nilai kekayaan budaya Nusantara,” ucapnya.

Lanjutnya, selama kegiatan berlangsung, mereka membentuk kelompok yang kemudian masing-masing kelompok memilih metode pengenalan budaya seperti kesenian daerah, permainan tradisional, tradisi masyarakat lokal, bahasa, kuliner khas daerah, dan lain-lainnya. 

“Kemudian kami mempresentasikan dalam bentuk sketsa gambar dari kertas karton, masing-masing kelompok mendapatkan waktu 10-15 menit untuk presentasi dan sesi tanya jawab, presenter terbaik mendapatkan reward yang telah disiapkan oleh dosen Modul Nusantara,” tambahnya.

Safriana selaku dosen modul mengharapkan pada kelompok ini dapat benar-benar memahami dan mengetahui keindahan budaya Nusantara yang beragam di setiap daerahnya. 

“Selain itu juga diharapkan dapat menjadi refleksi untuk terus melestarikan budaya Nusantara hingga bisa diwariskan di masa mendatang oleh penerus bangsa,” pungkasnya. 

Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian reward atau hadiah dan sesi foto bersama sebagai arsip kegiatan. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar