Dosen Unimal Adakan Pengabdian Pengolahan Serundeng Ikan Nila Kepada Masyarakat

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Adakan Pengabdian Pengolahan Serundeng Ikan Nila Kepada Masyarakat

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen dan mahasiswa Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan pengabdian pengolahan Ikan Nila menjadi Serundeng Ikan Nila kepada masyarakat di Desa Mesjid Punteut, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Minggu (8/10/2023). Kegiatan tersebut bagian dari tri darma perguruan tinggi.

Dosen yang terlibat pada pengabdian ini adalah Dr Alfian selaku ketua pengabdian, Salamah MSi, dan Dr M.Nazaruddin, serta mahasiswa.

Dr Alfian  mengatakan, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan ibu rumah tangga untuk melakukan pengolahan Ikan Nila menjadi Serundeng Ikan Nila, sehingga bisa meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsinya dan juga meningkatkan daya jual dari Ikan Nila.

“Seperti yang diketahui minat masyarakat Kota Lhokseumawe terhadap ikan air tawar cenderung rendah dibandingkan ikan air laut. Padahal nutrisi pada ikan air tawar juga tinggi dan baik untuk kesehatan,” katanya.

Lanjut Alfian, setelah menjadi produk diversifikasi harapannya dapat meningkatkan minat masyarakat yang nantinya akan mempengaruhi daya beli dari masyarakat sehingga petani Ikan Nila dapat meningkatkan produksinya.

“Dengan adanya pengabdian ini masyarakat Desa Mesjid Punteut diharapkan dapat meningkatkan atau ikut membantu pendapatan keluarga melalui pengolahan Serundeng Ikan Nila guna untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Serundeng ini dapat dijadikan menu saat makan nasi dan sangat sesuai untuk anak kos karena bersifat tahan lama dan praktis,” jelas Dr Alfian.

Ia menambahkan, pada kegiatan ini masyarakat yang dilibatkan adalah ibu rumah tangga, mengingat ibu rumah tangga merupakan tombak nutrisi bagi keluarga. Ibu-ibu yang ahli mengolah bahan makanan menjadi produk olahan dapat meningkatkan selera makan bagi keluarga yang tentunya dapat meningkatkan gizi keluarga khususnya anak-anak.[tmi]


Kirim Komentar