Senam Pinguin di Pulo Iboh, Karate di Pulo Bluek

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 97 di Desa Pulo Iboh Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, mengajarkan anak-anak setempat senam pinguin, Minggu (8/9/2019). Foto: IST.

UNIMALNEWS | Kuta Makmur – Kegiatan senam menjadi program penunjang KKN mahasiswa Universitas Malikussaleh di Aceh Utara. Selain itu, mahasiswa Unimal yang berstatus sebagai atlet, juga mengajarkan karate kepada anak-anak desa.

Mahasiswa KKN Kelompok 97 di Desa Pulo Iboh Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, mengajak anak-anak berolahraga gembira melalui senam pinguin di akhir pekan, Minggu (8/9/2019). Sedangkan di Pulo Bluek Kecamatan Meurah Mulia, atlet karate Aceh Utara yang sedang melaksanakan KKN mengajar sportivitas bagi anak-anak melalui olahraga karate.

Seperti dilaporkan Humas KKN Kelompok 97, Yola Tasya Marini, anak-anak Pulo Iboh antusias mengikuti senam pinguin dan  maumere yang dibuat mahasiswa di depan posko KKN. “Acara ditutup dengan sosialisasi cuci tangan dalam enam langkah,” ujar Yola dalam keterangan tertulisnya.

Instruktur senam, Hanum,  mengatakan olahraga senam pinguin dan maumere akan melatih anak-anak agar tetap bugar dan bersemangat. “Gerakannya mudah dan sederhana, tapi berdampak besar bagi kesehatan,” kata Hanum.

Dari Desa Pulo Bluek Kecamatan Meurah Mulia, Hanny Delpyra, mahasiswi Fakultas Hukum sekaligus atlet karate Aceh Utara dan Universitas Malikussaleh, mengajarkan karate kepada anak-anak. “Anak-anak antusias belajar karate,” lapor Humas KKN Kelompok 45, Nia Afriani.

Hanny memperkenalkan karate bukan untuk mengajari anak-anak cara berkelahi, melainkan untuk menumbuhkembangan sportivitas sejak usia dini. “Selain itu membentuk karakter yang disiplin dan bertanggung jawab, membuat tubuh menjadi lebih sehat, meningkatkan rasa percaya diri, mudah bersosialisasi, dan terhindar dari bullying yang lagi viral-viral nya sekarang,” jelas Hanny.

 Dia mengajari teknik dasar seperti pukulan dan teknik tangkisan karena mengingat peserta beusia 3-12 tahun. “Saya juga menjelaskan istilah dan filosofi yang ada dalam gerakan karate. Jadi, ini memang pendidikan dasar sesuai usia anak-anak,” tandas Hanny.[ayi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar