Laboratorium KJT Unimal Terima Mahasiswa Umuslim Bireuen 

SHARE:  

Humas Unimal
Laboratorium KJT Unimal terima kujungan mahasiswa Umuslim Bireuen dalam rangka laksanakan praktikum di Kampus Reuleut, Muara Batu, Aceh Utara, Jumat (13/10/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Reuleut - Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman (KJT) Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh menerima kunjungan mahasiswa Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Al-Muslim (Umuslim) Bireuen, Jumat (13/10/2023). 

Kunjungan itu sebagai bentuk implementasi MoU yang telah terjalin antara Unimal dengan Umuslim dengan melaksanakan kegiatan praktikum di Laboratorium KJT, Unimal yang bertempat di Kampus Reuleut, Muara Batu, Aceh Utara.

Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mendapatkan pembelajaran dan praktik sterilisasi alat dan bahan serta pembuatan larutan media dan penanaman bagian tanaman secara kultur jaringan.

Mahasiswa Umuslim tersebut disambut langsung oleh Dr Ismadi selaku Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Ismadi mengatakan Unimal menyambut baik kedatangan mahasiswa dari Umuslim dan membuka peluang dalam melakukan kerja sama lebih lanjut di bidang akademik maupun non akademik. 

“Laboratorium KJT juga siap memberikan pelatihan kepada siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum dalam rangka pemgembangan dan produksi tanaman secara moderen menggunakan metode in vitro,” ungkap Ismadi.

Ia juga melanjutkan bahwa selama ini Laboratorium KJT sudah sering menerima siswa dari berbagai SMK untuk melakukan kunjungan dan praktikum. 

“Dan ada juga mahasiswa yang melakukan magang dalam rangka menambah wawasan dan keterampilan seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (Uniki) Bireuen beberapa waktu yang lalu,” lanjut Ismadi.

Mahasiswa Fakultas Pertanian Umuslim itu diantar langsung oleh Ajmir Akmal MSi selaku Wakil Dekan Bidang Akademik. Dalam paparnya, Ia mengatakan bahwa pihak Fakultas Pertanian Umuslim merasakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dan berencana akan menjadikan kegiatan ini berkelanjutan 

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi MoU yang telah ditandatangani antara Unimal dengan Umuslim,” sebut Ajmir.

Sementara itu Dr Rd Selvy Handayani selaku kepala Laboratorium KJT menyampaikan bahwa sistem perbanyakan tanaman secara modern melalui teknik kultur jaringan tanaman adalah tantangan perkembangan teknologi yang banyak manfaatnya dan harus dapat dikuasai mahasiswa. 

“Kegiatan ini selain untuk media promosi Prodi Agroekoteknologi dan Fakultas Pertanian, juga sangat baik untuk membentuk karakter dan kecintaan pada tanaman dan sistem perbanyakan tanaman modern, serta bagaimana cara pemberian nutrisi pada tanaman pada teknik kultur jaringan tanaman,” terangnya.

Adapun jenis kegiatan praktikum yang dilakukan meliputi perbanyakan tanaman secara kultur jaringan, pengenalan alat laboratorium KJT, sterilisasi alat dan bahan, simulasi pembuatan larutan stok dan media MS, serta praktik penanaman biji jeruk dengan menggunakan teknik kultur jaringan tanaman. 

Di samping praktikum, mahasiswa juga dapat melihat tanaman koleksi Laboratorium KJT seperti anggrek, jeruk purut manis, pamelo, jeruk kasturi, jeruk manis, senseviera, manggis, dan kawista. 

Para mahasiswa Umuslim terlihat sangat antusias mengikuti semua tahapan kegiatan, terutama karena ini merupakan hal yang baru bagi mereka. Para mahasiswa itu sangat merasakan manfaat praktikum ini dan pengalaman belajar di Unimal akan menjadikan mereka lebih percaya diri ketika menghadapi berbagai tantangan dan pertanyaan masyarakat mengenai perbanyakan tanaman modern. 

Kegiatan ini turut dibantu oleh Teknisi laboratorium KJT, Humaira Meirina SSi dan para asisten laboratorium yaitu Sintia Ningrum, Yola Audina, Widy Septiarni Pulungan, Tari Anggraini Pasaribu, dan Alda Fitriyenti Anwar. [fzl]


Kirim Komentar