Mahasiswa KKN-PPM 109 Bantu Aktivasi Kartu Tani Digital di Nisam

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM 109 Bantu Aktivasi Kartu Tani Digital di Nisam

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN – PPM) Kelompok 109 Universitas Malikussaleh ikut serta membantu kegiatan pendataan nomor rekening warga di Meunasah Gampong Meunasah Krueng, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Rabu (18/10/2023).

Kegiatan ini dilakukan atas kerja sama antara Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Krueng Geukueh, BPP ( Badan Penyuluhan Pertanian ), Pupuk Indonesia, dan Agen Kios Pupuk.
M.Rizqi Alfaqy, selaku Pihak BSI mengatakan bahwa BSI Cabang Krueng Geukueh bertugas melakukan pencatatan di Kecamatan Nisam dan Nisam antara.

"Program ini sudah dimulai sejak bulan Agustus hingga saat ini. Program  Di Kecamatan Nisam terdapat 3000 data Tani yang harus di lakukan pencatatan, untuk di Gampong Meunasah Krueng sendiri terdapat 81 data warga. Namun, yang berhadir dan sudah berhasil di catat terdapat sekitar 50 data warga. Warga yang belum dapat berhadir rata - rata karena sedang ada pekerjaan,” katanya.

Dalam penyampaiannya, M.Rizqi Alfaqy juga mengatakan bahwa program Aktivasi Kartu Tani Digital ini bertujuan untuk menyesuaikan data tani di Gampong Meunasah Krueng yang sebelumnya sudah tercatat secara manual di Kantor BSI.

"Hal tersebut dilakukan karena saat ini pendataan tidak lagi dilakukan secara manual melainkan beralih dengan menggunakan sistem aplikasi. Apabila terdapat  kekeliruan maka data tidak dapat terbaca oleh sistem," sebut Rizqi.

Ketua Kelompok KKN, Alfin menyampaikan, segenap anggota KKN-PPM Kelompok 109 terlihat sangat berantusias ikut membantu kegiatan aktivitasi kartu tani digital yang di selenggarakan di Meunasah Krueng pada hari ini.

"Kegiatan ini juga tentunya memberikan ilmu tambahan bagi kami. Ibu Nurhasanah selaku DPL juga turut mengapresiasikan kegiatan yang kami lakukan,” tutur Alvin.

Geuchik Gampong Meunasah Krueng,  Razali  menyampaikan rasa terimakasih kepada segenap mahasiswa KKN-PPM Kelompok 109 atas partisipasinya. "Bantuan dari mahasiswa KKN membuat kegiatan ini dapat selesai lebih cepat," pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar