Cegah Diabetes Melitus Pada Remaja, Dosen Kedokteran Unimal Lakukan Screening Gula Darah

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Kedokteran Unimal Lakukan Screening Gula Darah. Rabu (18/102023).

UNIMALNEWS | Bireuen – Dosen Kedokteran Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan mengadakan skrining gula darah untuk mencegah penyakit diabetes mellitus pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bireuen, Rabu (18/102023).

Kegiatan PkM dengan tema “Peningkatan Kualitas Kesehatan SDM Melalui Pemeriksaan Kesehatan Gratis”. Difokuskan pada pengecekan kadar gula darah untuk siswa. Hal ini dikarenakan jumlah penderita diabetes melitus (DM) tipe 1 tahun 2022 di Indonesia mencapai 41,8 ribu orang. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penderita diabetes tipe 1 terbanyak di ASEAN, serta peringkat ke-34 dari 204 negara di skala global.

Pelaksana kegiatan PkM dr Yuziani M.Si mengatakan Penderita DM tipe 1 biasanya ada dikalangan remaja dan usia produktif, Tingginya jumlah Penderita DM di usia muda ini tentunya akan berdampak terhadap penurunan kualitas dan produktivitas SDM Indonesia di masa depan.

“Hal ini akan memperburuk kondisi ketenagakerjaan Indonesia, karenanya perlu Upaya dan kepedulian untuk mencegah hal tersebut terjadi, salah satunya dengan melakukan pengecekan kadar gula darah secara rutin”, ujarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Devi Andriyani M.Si mengatakan Civitas akademika Unimal akan terus berupaya melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk perbaikan dan peningkatan kondisi Masyarakat.

“Pemeriksaan gula darah sebaiknya dilakukan rutin mulai usia 10 tahun atau saat pubertas sebelum berusia 10 tahun. Semakin cepat melakukan cek gula darah, semakin cepat pula anak-anak mampu mencegah kemungkinan terkena diabetes saat dewasa nanti” pungkasnya

Kegiatan Screening Gula Darah ini diikuti oleh 33 dengan hasil terdeteksi ada 2 siswa memiliki kadar gula darah tinggi dan 5 siswa mengalami hipoglikemia (kadar gula darah rendah), sedangkan lainnya normal. [rky]


Kirim Komentar