Peduli Potensi lokal, KKN-PPM Unimal K-16 Kunjungi Pelaku UMKM

SHARE:  

Humas Unimal
Foto ist

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh- Dalam upaya meningkatkan UMKM masyarakat, Mahasiswa KKN-PPM XXXIV Universitas Malikussaleh kelompok 16, melakukan sosialisasi UMKM usaha kue tradisional khas Aceh, "Kak Numa" di Gampong Kambam, Kec. Muara Batu, Aceh Utara, (19/10/2023)

Usaha produksi kue tradisional Aceh tersebut, memproduksi berbagai macam jenis kue tradisional Aceh. diantaranya, Dodol Beras (Dodoi Breuëh) yang memiliki citarasa khas unik dari Dodol Aceh, dengan menggunakan tepung beras dan gula sebagai bahan utamya. 

"Ini resep (Dodol) turun temurun di keluarga nenek, memang kita menggunakan beras ketannya langsung, gak pake tepung" jelas Nur Ashma dalam bahasa Aceh. 

Selain Dodol Beras, Rumah Usaha Kak Numa juga memproduksi berbagai jenis kue tradisional khas Aceh lainnya seperti Halua, Bajèk, Meuseukat, Keukarah dan Bhoi untuk hantaran pernikahan dan lain sebagainya.

“ Seperti untuk khusus hantaran pernikahan Adat Aceh, se-talam besar Dodol Beras atau Halua Kak Numa, lengkap dengan hiasan bermotif tradisional Aceh seperti Pintô Aceh, Pucôk Reubông, dibandrol dengan harga Rp350.000 saja. Bajèk seharga Rp270.000, dan Meuseukat Rp400.000 per-talam-nya. Sedangkan keukarah Rp 2.000 dan Bhoi Ikan Rp 3.000 per buah, " jelasnya. 

Sebutnya, pemasarannya selain dari mulut ke mulut, juga menjajakan produknya melalui media sosial seperti Instagram, Whatsapp bahkan Tiktok. 

"Kedepan mungkin adik adik KKN bisa bantu promosi, pemasaran dan membimbing supaya terdaftar UMKM," harapnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Jummaini  mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Semoga kehadiran Mahasiswa semakin memberikan manfaat kepada masyarakat, katanya.(mcl)


Kirim Komentar