Mahasiswa KKN-PPM Unimal K-16 Identifikasi Penyakit Pada Pepaya di Muara Batu

SHARE:  

Humas Unimal
foto ist

 

UNIMALNEWS | Krueng Geukuh - Mahasiswa KKN-PPM XXXIV Universitas Malikussaleh kelompok 16, melakukan identifikasi awal terhadap penyebab menguningnya tanaman pepaya warga di Gampong Kambam, Kec. Muara Batu, Kab. Aceh Utara, Minggu, 22/10/2023.

Nur Aminsyah Ginting atau kerap di sapa Amin, Mahasiswa Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Unimal menyebutkan, penyebab menguningnya tanaman pepaya disebabkan tidak berfungsi dengan baiknya drainase di sekitar, sehingga ketika musim penghujan menyebabkan tergenangnya air yang akhirnya mengakibatkan busuk akar.

"Ini drainasenya bermasalah pak, jadi saat musim hujan, air yang menggenang menyebabkan busuk akar, soalnya yang barisan dekat drainase yang bagus sebelah sana daunnya hijau semua. Hal ini nanti kita bisa buat ulang saluran drainasenya, kita tinggikan guludan serta kita siyangi gulma gulma di sekitar sini." paparnya.

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Desa Kambam, Munizar, S.T, yang mengatakan bahwa setelah hujan lebat dan mengenangi kebun, ada tanaman yang tumbang dengan kondisi akar busuk.

"Iya juga ya, yang disana lebih hijau, yang sebelah sini justru ada dua pokok yang tumbang, dan bapak liat memang akar nya sudah busuk setelah hujan deras beberapa hari lalu,” katanya.

Sementara itu, Keuchik KambamSyukni, yang juga berhadir, himbau adanya program kerja terkait perkebunan, menimbang salah satu potensi lokal yang dimiliki Gampong Kambam adalah perkebunan warga.

"Mungkin nanti adek adek KKN bisa bantu dengan program-program yang dapat mengatasi permasalahan terkait (perkebunan)." himbaunya.


Berita Lainnya

Kirim Komentar