Mahasiswa KKN-PPM K-064 Rancang Pembuatan Bokhasi di Sawang

SHARE:  

Humas Unimal
foto ist

 

UNIMALNEWS | Krueng Geukuh – Sebagai upaya mengolah sumber nutrisi tanaman berupa pupuk dari jerami dan kotoran sapi, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 064 dibawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  Dr. Rahmi Surayya M. Ed. Sp. THTTH-KL, akan  membuat pupuk Bokhasi (pupuk organik padat)  di Gampong Lhok Bayu Kecamatan Sawang, Aceh Utara.

Ide tersebut muncul karena melihat masyarakat Gampong Lhok Bayu yang tidak lama lagi akan memasuki musim panen padi. Biasanya setelah padinya dibersihkan, Jerami-jerami bekas panen padi hanya dibiarkan begitu saja sampai memasuki musim tanam padi selanjutnya, ungkap ketua kelompok 064 Bustanul Arepen.

Sementara itu, geuchik Gampong Lhok Bayu Syarifuddin menyambut baik ide dari mahasiswa tersebut serta memberikan ruang dan waktu kepada mahasiswa untuk mengembangkan ide-idenya dalam melahirkan sesuatu produk yang berguna bagi masyarakat.

“Saya menerima kalian dengan sangat baik, saya tidak ingin memberatkan atau membebankan kalian selama disini, pokoknya program apa yang mau kalian buat selama itu bermanfaat untuk warga desa silahkan, pokoknya yang penting kalian nyaman selama berada disini” ucap Geuchik Gampong Lhok Bayu.

Diharapkan, pengetahuan dan keilmuan yang dimilik mahasiswa selama dibangku kuliah dapat diterapkan di gampong Lhok Bayu dan berguna untuk masyarakat khususnya bidang pertanian. (mcl)


Kirim Komentar